AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi intensitas curah hujan di Pulau Ambon dan sekitarnya beberapa hari kedepan masih tinggi.

Untuk itu, BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap dampak yang bakal terjadi. Melihat kondisi cuaca seperti ini, maka BMKG mengeluarkan peringatan dini yang berlaku 18-20 juni.

Kepala Stasiun Meterologi Maritim Ambon Ashar merincikan, wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat pada 18 Juni berpeluang terjadi di Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Kepulauan Aru.

“Untuk untuk 19 Juni 2021 berpeluang terjadi pada Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” urai Ashar.

Hal yang sama juga akan terjadi pada tanggal 20 Juni, di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Buru serta Buru Selatan.

Baca Juga: PLN Siaga, Pasca Gempa 6,1 SR di Malteng

Anomali suhu permukaan Iaut di wilayah Maluku 1 minggu terakhir, menunjukan keadaan yang normal hingga menghangat yakni berkisar antara 0.0°C- 2-0°C mengindikasikan adanya tambahan suplai uap air khususnya pada wilayah Laut Seram dan Peraran Kei.

“Selai itu, untuk kelembaban udara lapisan 850-700 mb menunjukan keadaan yang basah, berkisar antara 80%-100%. Labalitas udara khususnya pada wilayah Pulau Ambon dan Pulau Seram dapat mendukung pertumbuhan awan awan hujan di wilayah tersebut,” rincinya. (S-51)