AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim Ambon menghimbau masyarakat, agar waspada terhadap bahaya gelombang tinggi yang mengancam sejumlah perairan di Maluku.

Gelombang tinggi sekitar 1,25 meter sampai 4 meter terjadi pada sejumlah perairan yaitu, tinggi gelombang 1.25–2.50 meter atau gelombang sedang berpeluang terjadi di  laut Seram Bagian Timur (SBT), perairan Ambon-Lease, per­airan Selatan Seram laut Banda Utara, perairan Kepualaun Kai dan perairan Kepulauan Aru.

Selanjutnya tinggi gelombang 2.5–4.0 meter atau tinggi  berpeluang terjadi di laut Banda Selatan, perairan Kepulauan Sermata, selanjutnya Kepulauan Leti, perairan Kepulauan Babar, perairan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru.

Demikian rilis dari Kepala Stasiun BMKG Maritim Ambon, Ashar  dan prakirawan, Ni Luh Made Kartika yang diterima Siwalima, Kamis (5/1).

Sementara pola angin menurut BMKG terjadi di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 6 – 20 knot.

Baca Juga: Speed Boat BKSDA Maluku Bantuan Pempus Ditelantarkan

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya- Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi ter­pantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Bali hingga NTT dan Laut Arafuru.

BMKG mengeluarkan saran ke­selamatan untuk tetap memper­hatikan risiko tinggi terhadap kese­lamatan pelayaran kepada perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m)

Selanjutnya, Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m). selanjutnya, kapal ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m).

Kemudian kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

BMKG juga memohon kepada mas­yarakat yang tinggal dan ber­aktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (S-05)