AMBON, Siwalimanews – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk tiga hari kedepan Pulau Ambon masih akan dilanda hujan.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimurra Ambon Ot Oral Sem Wilar kepada Siwalimanews, Selasa (8/9) menjelaskan, secara keseluruhan sebagian besar daerah di Provinsi Maluku sudah masuk pada musim kemarau. Sementara untuk Pulau Ambon, masih akan dilanda hujan

“Untuk Tual, Saumlaki dan Dobo saat ini sudah masuk musik kemarau, Namun untuk Kota Ambon dalam beberapa hari akan terjadi musim penghujan karena faktor lokalnya masih cukup kuat,” ucap Wilar.

Menurutnya, faktor ini terjadi, karena ada pemicu tekanan rendah akibat dari badai tropis dari Australia atau Filipina. Untuk itu Kota Ambon cuacanya masih sangat ekstrim untuk saat ini.

Untuk Ambon di bulan September-Oktober akan ada masa panca robah yang hendak bergerak dari musim penghujan ke musim kemarau. Oleh sebab itu, pihaknya masih memantaunya kedepan sekaligus mengupdate datanya yang lebih akurat.

Baca Juga: BI Kembali Salurkan Sembako ke Masyarakat

“Kita himbau kepada masyarakat  agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan saat musim penghujan seperti banjir dan tanah longsor,” himbaunya. (Mg-5)