BMKG Himbau Warga Hindari Bangunan Retak

AMBON, Siwalimanews – Gempa berkekuatan besar kembali guncang Kota Ambon. Setelah sebelumnya gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter menguncang Maluku, Kamis (26/9) lalu, kini gempa dengan kekuatan 5,2 SR kembali menguncang kota Ambon pada Kamis (10/10) pukul 13.39 WIT.
Gempa yang terjadi merupkan gempa kedua terkuat setelah gempa awal yang terjadi Kamis lalu.
Selain gempa 5,2 SR, adapun dua gempa bumi susulan yang masing masing berkekuatan 4,6 SR dan 3,5 SR.
Kepala BMKG pusat gempa regional IX Ambon, Surnadi dalam keterangan persnya di kantor BMKG Kamis (10/10), gempa 5,2 SR terjadi pada koordinat 3.53 Lintang Selatan , 128.23 Bujur Timur di bagian timur laut Kota Ambon dengan kedalaman 10 KM dari permukaan laut.
“Ada 3 kali gempa yang pertama jam 13.39 WIT dengan kekuatan 5,2 SR, berselang 5 menit adalagi susulan yang masing masing berkekuatan 4,6 SR dan 3,5 SR, dan terjadi didaratan Kota Ambon bukan di laut,” jelas Surnadi.
Dikatakanya masyarakat di himbau untuk tidak panik melihat Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Hanya saja melihat skala gempa yang cukup besar masyarakat di himbau untuk tidak menempati bangunan yang retak akibat gempa awal.
“Sekali lagi saya mau sampaikan gempa ini berada di darat dan tidak berpotensi tsunami, hanya saja masyarakat di himabu untuk meninggalkan bangunan yang retak, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.
Surnardi menjelaskan hingga Kamis (10/10) total gempa yang menimpa Maluku 1305 dimana 150 diatanranya dirasakan masyarakat. (S-45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *