AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II Pattimura Ambon menghimbau kepada masyarakat Maluku untuk mewaspoadai cuaca ekstrim di sejumlah wilayah di perairan Maluku.

BMKG juga menyebutkan akan ada beberapa wilayah di Maluku yang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang akan terjadi mulai 27 hingga 29  Desember.

“Waspada Hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang sesaat akan berpotensi terjadi untuk itu, masyarakat dihimbau agar tetap waspada,” ucap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Pattimura Ambon Kamari dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin(27/12).

Daerah-daerah yang akan turun hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir yakni Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kota Tual dan Kota Ambon.

Sementara untuk wilayah yang juga berpotensi hujan sedang dan lebat diprediksi akan terjadi pada wilayah Kabupaten Aru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah,dan Kabupaten Buru Selatan.

Baca Juga: 2021 BNNP Lampaui Target Pengukapan Kasus Narkotika

“Adapun wilayah yang juga berpotensi terjadi angin kencang dengan kecapatan 45 km/jam akan terjadi pada wilayah Kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya,” urainya.

Sementara untuk gelombang tropis (Gelombang Kelvin dan Gelombang Rossby) terpantau aktif diwilayah Maluku yang menandakan adanya peningkatan aktifitas konveksi di atmosfer yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan-awan hujan. (S-51)