AMBON, Siwalimanews – Tak habis-habisnya inovasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Negeri Passo, Bripka Arthur M Saherlawan.

Pasalnya, dimasa pandemi covid-19 ini, peraih pin emas Kapolri tahun 2019 itu menggandeng Babinsa Negeri Passo, Peltu Ariz Lolo dan Tokoh Agama Pastor RD Joseph El serta dukungan dari Penjabat Negeri Passo, Johanis Lalo, untuk membuat Kebun Tangguh Laudato, yang terletak di belakang mall ACC.

Lahan seluas satu hektar lebih ini dikelola ketiga pilar ini untuk memperkokoh ketahanan pangan masyarakat Negeri Passo dimasa pandemi ini.

Pantauan Siwalimanews, awalnya lahan seluas satu hektar lebih itu hanya ditumbuhi rumput dan ilalang, namun atas prakarsa dari Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Tokoh Agama, sejak akhir bulan Mei lalu, lahan tersebut berhasil digarap dan saat ini telah ditanam umbi-umbian dan jagung bahkan nampak terlihat sejumlah benih sayur-sayuran yang saat ini sementara disemai.

“Kegiatan ini merupakan program Polri Kampung Tangguh Nusantara yang didalamnya terdapat tangguh dalam ketahanan pangan, tangguh dalam keamanan dan tangguh dalam kesehatan,” ungkap Bhabinkamtibmas Negeri Passo, Bripka Arthur M Saherlawan, kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Senin (20/7).

Baca Juga: Mayjen Agus Rohman Jabat Pangdam Pattimura

Terkait dengan tangguh dalam ketahanan pangan, kata dia, maka dibuatlah Kebun Tangguh Laudato kemudian tangguh dalam keamanan, pihaknya sudah bekerja sama dengan pemerintah negeri, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan serta tangguh dalam kesehatan,  dengan terus melakukan sosialisasi untuk rajin mencuci tangan, pake masker dan menjaga jarak.

“Kebun Tangguh Laudato ini diharapkan dapat menjadi kebun percontohan sekaligus untuk menjaga ketahanan pangan di Negeri Passo dimasa pandemi covid-19 ini,” ucapnya.

Saherlawan mengaku, dalam aktivitas menanam di kebun tersebut, pihaknya juga bekerja sama dengan petani di Negeri Passo serta mendapatkan pendampingan dari para penyuluh dari Dinas Pertanian Kota Ambon, Etha  Komboen.

Kebun ini juga sempat ditinjau oleh Kasat Bimas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, AKP Morets Nanuru dan Kasat Intel Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease dan mendapatkan apresiasi.  (S-16)