AMBON, Siwalimanews –  Panitia Seleksi Sekretaris Daerah Maluku telah menuntaskan seluruh rangkaian seleksi dan hasilnya siap dibawa ke Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta.

“Sudah selesai semua tahapan seleksi dan siap diabwa ke Jakarta, rencananya besok, Rabu (24/8),” ungkap Ketua Panitia Seleksi Sekda Maluku Marthinus Sapteno kepada Siwalimanews melalui pesan whatsapp, Selasa (23/8), usai sesi wawancara calon sekda.

Dijelaskan, seleksi makalah dan wawancara merupakan tahapan terakhir yang diikuti langsung oleh tiga calon sekda, masing-masing Sadli Ie yang saat ini sebagai penjabat sekda, Kepala BKD Maluku Jasmono dan Kepala BPSDM Hadi Sulaiman.

Tak hanya itu, untuk tahapan wawancara dihadiri langsung panitia seleksi, termasuk Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri H Suhajar Diantoro, untuk menilai secara langsung kemampuan setiap calon.

Sapteno memastikan, seluruh tahapan seleksi yang dilakukan panitia seleksi telah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan di hadapan hukum.

Baca Juga: Gelar Patroli, Polairud Periksa Alat Kesalamatan Pelayaran

“Pansel sudah transparan dalam seleksi, maka hasilnya dapat kita pertangungjawaban dimana pun,” tegas Sapteno yang juga Rektor Unpatti.

Sesuai dengan aturan, kata Sapteno, maka hasil seleksi akan ditindaklanjuti ke Jakarta untuk mendapatkan penilaian dan keputusan, yang nantinya dituangkan dalam SK pengangkatan sekda definitif.

Pasalnya, panitia seleksi hanya bertugas melakukan seleksi, sedangkan penentuan sekda definitif merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri, maka panitai menyerahkan semuanya kepada pemerintah pusat dalam hal ini Mendagri. (S-20)