BULA, Siwalimanews – Dipastikan besok, Jumat (29/5), Gugus Tugas SBT bersama TNI dan Polri mulai menerapkan disiplin protokol kesehatan terhadap masyarakat yang beraktivitas di pasar dan tempat-tempat keramaian lainnya.

“Mulai besok, kita bersama TNI dan Pemda SBT akan terapkan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat yang beraktivitas di pasar,” ungkap Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar, usai memantau aktivitas di Pasar Bula. Kamis (28/5).

Dijelaskan, tujuan dilakukan pemantauan terhadap aktifitas di pasar ini, lantaran saat ini penyebaran Covid-19 mulai terlihat di kabupaten SBT. Apalagi, dengan adanya 4 warga SBT yang sudah terpapar.

Pemberlakuan kedisiplinan terhadap masyarakat yang beraktivitas di pasar ini, dikarenakan pasar merupakan tempat umum dan keramaian masyarakaat berkunjung.

“Pasar ini tempat umum, dan selalu ada keramaian, untuk itu perlu dilakukan pemantauan terhadap aktivitas masyarakat disini,” ujar kapolres.

Menurutnya, kunjungan hari ini adalah bagian dari menindaklanjuti rencana Gustu SBT dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 fi Kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa.

“Ini dilaukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dan juga merupakan kerja gugus tugas dalam upaya pencegahan Covid-19 di SBT,” tuturnya.

Sementara itu, mengenai hasil kunjungan yang dilakukan, Kapolres SBT mengaku, sebagian masyarakat telah menerapkan protokoler kesehatan, dengan menggunakan masker dan saling jaga jarak antara satu sama lain.

Kendati demikian, penegakan kedisiplinan terhadap masyarakat yang beraktivitas di pasar akan selalu ditegakan demi mewujudkan Kabupaten SBT yang jauh dari penyebaran Covid-19.

“Intinya penataan kedisiplinan terhadap aktivitas masyarakat di pasar akan dilakukan secara menyeluruh, meski sebagian sudah menaati prokoler kesehatan,” ucapnya.

Mulai besaok juga, akan diberlakukan satu jalur masuk ke pasar, baik itu di pasar baru maupun pasar lama. Untuk pasar baru jalur masuk akan melalui jalan depan Masjid Raya agar masyarakat yang mengunjungi pasar bisa merasa nyaman.

Untuk diketahui peninjauan aktivitas di pasar Bula Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Laudin Tahir, Ketua DPRD Noaf Rumau, para pimpinan OPD di lingkup Pemkab  SBT dan Tim Gustu SBT. (S-47)