MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dijadwalkan akan kembali melakukan kunjungan kerja di Desa Sariputih Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan Desa Waiputih, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Jumat (27/11).

Dalam kunjungan itu, bupati dipastikan akan melakukan penaman padi program perluasan area tanam Baru (PATB) seluas 1000 hektar,dengan target hasilnya mencapai 400 ribu ton lebih beras.

Pelaksana tugas Kadis Pertanian Malteng Arsad Slamat yang dikonfirmasi Siwalimanews, Kamis (26/11) membenarkan hal itu. Penanaman padi diatas lahan 1000 hektar yang merupakan PATB dengan sumber dana berasald ari APBN tahun 2020 akan dilakukan di dua kecamatan.

“Iya benar, besok pak bupati akan melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan lakukan penanaman padi di lahan seluas 500 hektar dan di Kecamatan Seram Utara Seti juga 500 hektar. Lokus kegiatan itu akan dipusatkan ke Desa Sariputih, dan Desa Waiputih,” ucap Slamat.

Penanaman padi di dua desa ini, hasilnya nanti akan mencapai 400 ribu ton dengan hitungan per hektarnya mecapai 4 ton, sehingga jika dikalkulasikan per 1000 hektar akan mencapai 400 ribu ton beras.

Baca Juga: BI: Inflasi Maluku Mei 2020 Terkendali

Hasil panen dari program PATB itu akan dikonfersikan untuk penguatan pangan masyarakat Malteng, khususnya dan Maluku secara umum dalam memperbaiki ketahanan pangan masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sampai saat ini.

“Kegiatan PATB ini dilakukan di 3 kabupaten saja yaitu Malteng, SBB dan Pulau Buru. Tentu kita harapkan hasilnya dapat lebih maksimal sehingga dapat menunjang upaya penguatan atau perbaikan ketahanan pangan masyarakat khususnya di Malteng,” harapnya. (S-36)