AMBON, Siwalimanews – Untuk ketiga kalinya, Matheos Berhitu kembali dipercayakan mewakili Indonesia di kejuaraan lari marathon internasional. Kini Pelari berusia 49 tahun itu bakal mengikuti kejuaraan dunia marathon atau lari jarak jauh bertajuk “Tour Of Peninsula 2021” pada tanggal 1-31 Desember di Malaysia.

Tour Of Peninsula menjadi ke­juaraan lari terjauh di dunia de­ngan menempuh jarak 2.239 Km dengan waktu perlombaan selama 1 bulan. Jika dikalkulasikan per hari, jarak yang harus ditempuh setiap pelari diatas 70 Km.

Banyak sudah prestasi di ke­juaraan internasional yang sudah diraih Berhitu terakhir adalah lomba lari Primaya (virtual) se­pan­jang 500 Km juga diraih dengan predikat juara pertama dan se­jumlah event internasional lainnya.

Elisama Elwarin selaku pen­damping kepada Siwalima, Sabtu (20/11) menjelaskan kalau saat ini saudaranya itu sudah tiba di Malaysia dan sementara memper­siapkan diri mengikuti event bergengsi tersebut.

“Kemarin sudah dilakukan pele­pasan tanggal 18 November oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah­raga dan didoakan oleh pendeta sebelum dilepas berangkat ke Jakarta,” kata Elvarin.

Dirinya menjelaskan perlom­baan internasional yang berlang­sung di Malaysia sudah beberapa kali digelar  dan dua kali itu Berhitu meraih juara pertama.

“Ini yang ketiga kalinya kejuaraan internasional diikuti oleh Berhitu dan ini ketiga kalinya, dia minta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia maupun Maluku khusus­nya,” ucap Elvarin.

Mencintai olahraga khususnya lari sudah digemari Berhitu sejak kecil dan banyak sudah kejuaraan yang diikutkan. Karena bakat dan kemampuan yang dimiliki, Peme­rintah Indonesia kemudian mem­per­cayakan sopir angkot itu beberapa kali mewakili negara ini di event-event serupa di tingkat internasional.

“Jadi kami berharap doa dan du­kungan agar dirinya bisa menjuarai event tersebut,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena menambahkan kalau Pemerintah Provinsi Maluku mendukung penuh event tour of Peninsula yang diikuti oleh pelari asal Maluku.

“Kami berharap Berhitu dapat memberikan hasil yang maksimal dan mengharumkan nama bangsa dan tentunya Provinsi Maluku. Untuk itu kami minta doa dan dukungan dari semua pihak baik masyarakat Maluku maupun seluruh masyarakat Indonesia,” tandasnya. (S-39)