MASOHI, Siwalimanews –  Dalam rangka memperingati Hari Bhakti PU ke-77 tahun 2022, maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Maluku Tengah menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

Berbagai kegiatan yang mewarnai Hari Bhakti PU diantaranya, lomba balap sepada BMX tingkat SD, lomba mancing mania untuk umum, dan lomba mewarnai tingkat PAUD dan SD. Kegiatan perlombaan ini dipusatkan di Taman Rawa Kodok, Kelurahan Ampera, Jumat (3/12) sore.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Moh Havid Latuconsina mengatakan, peringatan Hari Bhakti  ke-77 yang dilaksanakan setiap tanggal 3 Desember, untuk mengenang sejarah peristiwa 3 Desember 1945, yakni pertempuran di Gedung Van Verkeer En Waterstaat yang saat ini dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Pada 3 Desember 1945 saat itu Gedung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh 21 orang pemuda atau petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.

“Untuk mempertahankan Gedung Sate Bandung yang kala itu merupakan kantor Pusat Departemen PU pertama setelah kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Pohon Tumbang Sempat Tutup Akses Jalan di Lateri

Pada pertempuran itu kata Latuconsina, tercatat sebanyak 7 orang pegawai PU gugur dalam peristiwa tersebut, dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang.  Peristiwa 3 Desember 1945 itu telah tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa, dan sejarah perkembangan PU pada khususnya.

“Hingga kini, peristiwa tersebut terus dikenang dan diperingati sebagai Hari Bakti PU setiap 3 Desember,” jelasnya.

Tak hanya itu menurut latuconsina, PUPR Malteng juga memberikan penghargaan kepada para pensiunan. Penghargaan diberikan  ini sebagai tanda terima kasih kepada para purna bakti Dinas PUPR.

Sementara itu, Penjabat Bupati Maluku Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Aidjarang Watiheluw mengapresiasi kerja-kerja Dinas PUPR yang miliki kontribusi besar dalam membangun kabupaten Pamahanu-Nusa ini, terutama dari sisi penyediaan infrastruktur.

“Olehnya itu, kami dan warga Maluku Tengah mengapresiasi keberadaan PUPR. Kedepan PUPR akan selalu memberikan kontribusi dan selalu berinovasi menciptakan infrastruktur yang lebih baik,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu,  Penjabat Ketua TP PKK Malteng Bela Marasabessy, sejumlah anggota DPRD, Kadis PUPR Malteng Hasan Firdaus dan sejumlah pimpinan OPD Maluku Tengah. (S-17)