AMBON, Siwalimanews – Bencana alam terjadi di kawasan Skip Kelurahan Batu Meja Kecamatan Sirimau Ambon pada Rabu (9/9). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demy Paays mengung­kapkan, bencana batu terjatuh menindih rumah warga terjadi di Skip.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kejadian terjadi pada Rabu (9/9) pagi dan langsung ditangani BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran sehingga tidak memakan korban.

“Ini Damkar kemarin tahan batu besar itu dengan tali, sehingga tidak jatuh menindih rumah warga,” tuturnya kepada wartawan di Ambon, Kamis (10/9).

Dikatakan, BPBD dan Damkar sejak kemarin telah memecahkan batu tersbut dengan  mencari alat untuk segera memecahkan batu agar tidak mengancam warga sekitar. Meskipun demikian, ditanya dimana letak lokasi bencana, dirinya mengakui tidak menghafal lokasi tersebut dan nama keluarga juga tidak diketahuinya.

“Cuma kalau nama keluarga itu saya tidak hafal, maaf ya,” akui Paays.

Baca Juga: 3.500 UMKM Dapat Bantuan Presiden

Ia menambahkan, bantuan tanggap darurat telah diberikan langsung kepada keluarga korban, guna membekali masya­rakat agar dapat membersihkan lokasi bencana tersebut dan mengantisipasi segala hal yang mungkin saja dapat terjadi.

“Pokoknya kita tetap bantu ketika ada bencana disitu tetap bantuan juga sampai,” ujarnya.

Paays menghimbau kepada warga Kota Ambon untuk lebih berhati-hati khusus yang tinggal di lereng-lereng bukit dan bantaran suangai agar lebih waspada ketika musim penghujan tiba.

“Bagi warga yang tinggal di lereng-leren bukit, dan bantaran-bantaran sungai untuk tetap waspada, apalagi curah hujan masih tinggi. Jika hujan masih terus mengguyur, sebaiknya mengamankan diri ke rumah keluarga atau kerabat terde­kat,” himbaunya. (Mg-6)