NAMROLE, Siwalimanews – Puluhan tower dibangun di seluruh desa di Kabupaten Buru Selatan belum semunya dapat beroperasi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bursel, Rudi Hartono kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (15/3) membenarkan hal tersebut.

Dirinya mengatakan 60 tower yang dibangunan ada beberapa tower yang bermasalah terutama di Kecamatan Kepala Madan, Desa Pasir putih.

“Karena harus dibangun Talud sedangkan di Kecamatan Fena Fafan untuk mencapai ke sana itu medannya agak sulit,” ucap Hartono.

Sementara yang dibangun di Kecamatan Ambalau, khususnya di desa Lumoy terkendala anggaran.

Baca Juga: Tingkat Pengangguran Tinggi, Pemprov Diminta Atasi

“Tower dibangun hanya dengan ketinggian sekitar 70 meter,” jelasnya.

Ia mengaku, Dinas Kominfo saat ini sedang mendorong pihak pekerja untuk mempercepat pembangunan tower itu sehingga dapat terintegrasi.

“Jadi kami dorong supaya bisa on di bulan tiga ini,” ujarnya.

Dirinya mengaku sudah koordinasi dengan bupati sekaligus penandatangan pinjam pakai lahan masyarakat yang diberikan ke pemerintah daerah lewat dinas.

Ia juga menjelaskan dalam pendistribusian bahan pembangunan tower juga sedikit terkendala. Dalam hal ini ada penyalurannya salah tempat, karena pihak ketiga menggunakan jasa peta internet untuk pendistribusian bahan-bahan.

“Dalam penyaluran terkadang ada pergeseran, akibatnya ada keterlambatan padahal masyarakat di Bursel mendambakan pembangunan tower, sebab kehadiran tower ini sangat membantu dalam peningkatan ekonomi, sosial, pendidikan dan lain sebagainnya,” tandasnya. (S-16)