AMBON, Siwalimanews – Belum dilantiknya Saniri Negeri Batu Merah membuat mata rumah parentah Nurlete bersama para calon saniri mengadu ke DPRD Kota Ambon untuk minta walikota mempercepat proses pelantikan.

Para saniri dan pihak mata rumah parentah Nurlete ini diterima langsung oleh Ketua Komisi I Zeth Pormes dan anggotanya di ruang komisi, Senin (14/12).

Usai bertemu para saniri, Pormes kepada wartawan menjelaskan, kedatangan pihak mata rumah parentah Nurlete dan para calon saniri itu untuk mengadukan soal proses pelantikan mereka yang belum juga terlaksana.

Ada beberapa kendala, sehingga pemkot belum dapat melakukan proses pelantikan yakni, dimana calon saniri yang diusulkan itu miliki jabatan ganda, sehingga mereka minta kita untuk fasilitasi dengan pemkot.

“Ada satu atau dua saniri yang diusulkan mata rumah parentah itu miliki jabatan ganda, sehingga mereka minta kita di komisi untuk fasilitasi mereka dengan pihak Tata Pemerintahan untuk segera memproses pelantikan mereka,” ucapnya.

Baca Juga: Penjabat Negeri tak Miliki Kewenangan Urusi Mata Rumah Parentah

Menurutnya, seluruh proses pentahapan pengusulan seniri di internal mata rumah itu, komisi minta agar dapat berjalan dengan baik.

Untuk itu dalam pertemuan tadi, komisi memberikan masukan kepada mereka agar seluruh proses pentahapan usulan dari setiap mata rumah harus diselesaikan baik secara administrasi maupun yuridis.

“Misalnya saja berita acara hasil pertemuan mata rumah yang mengusulkan saniri, bahkan saniri yang diusulkan juga tidak boleh miliki jabatan rangkap lain di dalam internal pemerintah negeri,” urainya.

Jika semua ini sudah lengkap, maka komisi bisa mendorong pemkot untuk segera melantik Saniri Batu Merah untuk periode yang baru, sehingga proses pelantikan Raja Batu Merah juga bisa berjalan secepatnya.

Sementara itu perwakilan dari mata rumah parentah Nurlette, Rabiati Nurlette mengaku, Komisi I akan mengagendakan rapat internal untuk mengundang pihak-pihak terkait guna memcari solusi terkait maslaah ini.

“Kami berharap komisi bisa mengawal masalah ini supaya proses pelantikan Saniri Negeri Batu Merah bisa dilaksanakan dalam bulan ini. Jika pelantikan saniri berjalan, maka untuk proses pelantikan Raja Batu Merah definitif juga dipastikan akan berjalan,” tutupnya. (Cr-5)