PIRU, Siwalimanews – Saat ini Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) telah bebas dari  Covid-19, sehingga dinyatakan masuk dalam zona hijau.

Hal ini diungkapkan juru bicara Tim Gugus Tugas SBB Hendry Mandoku melalui press release yang di terima Siwalima, Jumat (28/9).

Mandaku menjelaskan, me­-nyangkut dengan perkembangan terkini pasca penanganan Covid-l9 di SBB berdasarkan Surat Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Nomor. 443.33/3436.a/Dinkes tertanggal 22 Agustus 2020, perihal Penyampaian Hasil Lab. Covid-l9 atas tujuh sample dari Kabupaten SBB yang terdiri atas 3 pasien terkonfirmasi positif dan 4 pasien reaktif melalui rapid tes semuanya dinyatakan negatif Covid-19.

“Sejak awal pandemi Covid-l9 hingga saat ini, jumlah pasien terkonfimasi positif sebanyak 13 orang, dimana dari 13 orang itu jumlah pasien sembuh sebanyak 11 orang dan 2 orang meninggal dunia dan untuk pasien yang  terkonfirmasi positif tersebut adalah pelaku perjalanan dari luar Kabupaten SBB,” bebernya.

Dikatakan, dengan kerja keras pemerintah daerah melalui Ketua Tim Gugus SBB Bupati Moh. Yasin Payapo bersama Forko­-pim­da  dan dukungan seluruh masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa dalam mentaati portokol kesehatan serta pengawasan di pintu-pintu masuk SBB dijaga dengan ketat sehingga pencegahan Covid-19 di SBB dapat diatasi serta berjalan dengan baik  agar masyarakat bebas dari virus corona ini.

Baca Juga: Pemkot tak Mampu Tahan Sebaran Corona

“Atas kerja keras pemerintah daerah bersama Forkopimda ini, penangan dan pencegahan Covid-19 melalui protokol kesehatan ini dapat dipertahankan sehingga SBB selalu masuk dalam zona hijau,” katanya.

Dirinya berharap, masyarakat ikut berperan dalam menjaga kesehatan pribadi maupun orang banyak dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan oleh pemerintah agar SBB selalu berada di zona hijau,” pintanya.

Ditambahkan, dengan adanya SBB bebas dari Covid-19, tetapi masyarakat diperlukan kesada­ran untuk mengatasi penyebaran wabah Covid-19 ini.  “Kita juga wajib terus bergotong royong menjaga protokol kesehatan, terus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” harapnya. (S-48)