NAMROLE, Siwalimanews – Guna menjaga kesehatan para pengawas pilkada, maka Dinas Kesehatan dan Bawaslu Bursel menandatangani MoU kerjasama.

Penandatangan MoU yang dipusatkan di ruang rapat Kantor Bawaslu Bursel, Senin (10/8) turut disaksikan oleh Asisten I Pemda Bursel Alfario Soumokil, komisioner KPU Devisi Hukum, James Tasane serta seluruh komisioner Bawaslu Bursel.

Ketua Bawaslu, Umar Alkatiri pada kesempatan itu mengatakan, proses penandatangan kerjasama antara Bawaslu dan Dinkes Bursel ini merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah dilakukan oleh Bawaslu RI dengan Kemenkes terkait proses penyelenggaran pilkada serentak di tahun 2020.

“Jadi ini merupakan instruksi langsung, dimana sebelumnya Bawaslu RI telah lebih dahulu melakukan MoU dengan Kemenkes dan selanjutnya diturunkan melalui surat perintah dari provinsi untuk kabupaten yang melakukan pilkada,” ujar Alkatiri.

Alkatiri berharap, Kadis Kesehatan, Ibrahim Banda dapat meneruskan kesepakatan bersama itu ke jajarannya yang paling bawa agar dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Kapolda Tatap Muka dengan KPU dan Bawaslu SBT

“Kami berharap, pak Kadis Kesehatan dapat menyampaikan penandatangan kerja sama ini ke tingkat kecamatan, desa dan seluruh jajaran bapak,” ujar Alkatiri.

Kadis Kesehatan Ibrahim Banda menambahkan, tujuan utama Dinkes adalah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Pada prinsipnya, tujuan Dinkes itu untuk memutus mata rantai Covid-19 dari kontak-kontak erat dengan masyarakat dan kami mendukung penuh proses hari ini,” ucap Banda.

Untuk itu kata Banda, para penyelenggara dan pengawas pilkada perlu mendapat perhatian serius agar mereka ini tidak menjadi bagian dari penyebaran virus mematikan tersebut.

“Kita cermati secara serius jangan sampai mereka sebagai agen, sehingga kita bersihkan dan protect mereka terlebih dahulu. Kemudian jangan sampai mereka sebagai korban, maka dari itu kami akan memback up petugas-petugas mereka sampai ditingkat desa,” janji Banda.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan, Alfario Soumokil yang hadir mewakili Bupati Bursel menyampaikan, Pemda Bursel mendukung penuh semua prgram kerja yang dilaksanakan Bawaslu sebagaimana diatur dalam undang-undang yang berlaku.

“Pada prinsipnya pemda siap dukung setiap langkah yang diambil Bawaslu dalam menjalankan pengawasan pada pilkada tahun ini. Begitu juga dengan Dinas Kesehatan,” ucap Soumokil. (S-35)