AMBON, Siwalimanews – Sebanyak empat konteiner bantuan sembako dari Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Senin (18/5).

Ribuan paket sembako ini selanjutnya dibawa ke Kantor DPW PKB Maluku, Jalan Tantui Atas, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau.  Distribusi sembako ini merupakan program DPP PKB yang dipimpin Gus Muhaimin dalam upaya penanganan dampak pandemi Covid-19.

Ketua DPW PKB Maluku Basri Damis menjelaskan, sebagai upaya memutus menyebaran Covid-19 pemerintah pusat dan daerah telah menerbitkan berbagai kebijakan yang salah satunya adalah penerapan pembatasan interaksi sosial antar warga masyarakat (social distancing dan physical distancing).

Penerapan kebijakan tersebut telah menimbulkan efek berantai di bidang ekonomi masyarakat yang selama ini mengandalkan perputaran ekonominya dari pertemuan fisik dan interaksi langsung antar masyarakat seperti pedagang pasar, UMKM, transportasi publik dan sebagainya.

“Selain segmen di atas, penerapan sosial dan physical distancing juga berpengaruh pada karyawan-karyawan pabrik atau perusahaan yang terpaksa merumahkan atau PHK karyawannya karena sepinya aktivitas perusahaan,” ujar Damis dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (18/5) malam .

Baca Juga: Pasien Terkonfirmasi Positif Terus Bertambah

Untuk itu kata Damis, DPP PKB hadir dan turut berpartisipasi menanggulangi ekonomi masyarakat yang terdampak kebijakan penanganan pandemi Covid-19 yang belum dapat teratasi oleh program pemerintah.

Bantuan ini juga untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, berupa makanan dan lauk pauk, serta masyarakat dapat lebih tenang di bulan Suci Ramadhan serta memasuki Idul Fitri tahun 2020 apabila penerapan kebijakan waspada Covid-19 masih berlangsung.

“Bantuan sembako dari Gus Muhaimin, akan diberikan kepada masyarakat terdampak kebijakan penanggulangan Covid-19 dengan mengutamakan para guru ngaji, yatim-piatu, difabel, kiai kampung, korban PHK, serta warga kurang mampu,” tuturnya.

Menurutnya, total bantuan ini kurang lebih 5 ribu paket yang berisikan beras 10 kg, gula 2 kg, dan 2 liter minyak goreng. Bantuan sudah diisi dalam paket dus dan akan didistribusi di 11 kabupaten/kota di Maluku.

“Distribusi dilakukan berjenjang melalui DPP kepada DPW untuk selanjutnya didistribusikan oleh DPC bekerjasama dengan DPAC dan DPRT langsung kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, bantuan logistik ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami ucapkan banyak Terima kasih kepada Ketum DPP PKB Gus Muhaimin atas kepeduliannya telah mendistribusikan bantuan logistik ke Maluku” cetusnya. (S-31)