AMBON Siwalimanews – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Masohi berinisiatif membantu hasil panen petani buah naga, dan memberdayakan UMKM di sekitar dengan menghadirkan krupuk buah naga PIKK (KruPIKK).

Berangkat dari hasil panen buah naga yang melimpah, namun belum diimbangi dengan peningkatan demand secara signifikan sehingga ada peluang sebagian buah menjadi busuk atau mempengaruhi harga jual.

Untuk itu, PLN melalui PIKK PLN UP3 Masohi melihat peluang ini, untuk menjadi tutor yang menghubungkan antara petani dan UMKM dalam peningkatan added value dari hasil panen buah naga itu sendiri.

“Setelah mendengar gagasan dan melihat packaging yang menarik dari PIKK UP3 Masohi, mendorong kami untuk membantu proses pemasaran produk ini.” tutur Ketua PIKK PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Yani Adams Yogasara dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa(7/12).

Untuk proses pembuatan pembuatan, mulai dari persiapan bahan dan pengolahan buah naga menjadi KruPIKK kata Yani, dilakukan oleh UMKM di bawah pengawasan dan binaan PIKK.

Baca Juga: 4 Pamen Wakili Polda Maluku di Sespimmen Polri

“Alat yang digunakan dalam pengolahan KruPIKK ini juga telah berbasis electrifying lifestyle yaitu dengan menggunakan slicer, kompor induksi, spinner and sealer. Setelah KruPIKK jadi, pengepakan dan pemasaran dibantu juga oleh kami dari PIKK PLN “, ujar Yani. (S-51)