AMBON, Siwalimanews – Meluasnya pandemi COVID-19 di Indonesia, membuat berbagai pihak tergerak memberikan sejumlah bantuan untuk percepatan penanganan pandemi.

Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Mercy Chriesty Barends pun ikut andil untuk membantu basudaranya di Maluku, khususnya Kota Ambon yang terdampak pandemi COVID-19 dengan membagikan lima ton beras serta 2 ribu  masker kain kepada warga di Kota Ambon.

“Ini bentuk solidaritas, tanggungjawab serta keterpanggilan saya untuk bantu basudara saya di Kota Ambon yang terdampak, termasuk membantu para dokter dan tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam menangani pandemi untuk tangani pandemi Covid-19,” jelas Mercy Barends dalam live streamingnya.

Bantuan tahap pertama tersebut dipercayakan tim Rumah Aspirasi Mercy Chriesty Barends untuk menyalurkannya kepada warga yang terdampak dan benar-benar membutuhkannya.

Menurutnya, saat ini semua orang terpanggil bahu-membahu menanggulangi Covid-19, dan kehadiran Rumah Aspirasi MCB diharapkan dapat menjadi tulang punggung dalam perjuangan ini.

Baca Juga: Kapolda Apresiasi Kinerja Satgas Ops Merah Putih

Direktur Rumah Aspirasi (RAMCB), Victor H. Soukotta, saat penyerahan bantuan bagi warga sekitar lokasi  Rumah Aspirasi MCB, di kawasan Soya Kecil, Selasa (28/4) mengatakan, penyaluran bantuan tersebut disatukan dengan penyemprotan disinfektan terhadap rumah-rumah warga di dua RT di Soya Kecil.

“Khusus penyemprotan kami fokuskan untuk warga yang bermukim di dua RT yang ada di sekitar RAMCB. Tidak tertutup kemungkinan tim RAMCB akan meluaskan cakupan penyemprotan disinfektan pada rumah-rumah warga di kelurahan atau desa lainnya di Kota Ambon,” tuturnya.

Sedangkan penyaluran beras dan masker kain menjangkau warga di lima kecamatan yakni Nusaniwe, Sirimau, Baguala, Leitimur Selatan dan Teluk Ambon.

“Minimal perwakilan warga kurang mampu dan benar-benar terdampak Covid-19 dari tiga hingga lima kelurahan dan desa disetiap kecamatan dapat memperoleh bantuan ini, sehingga mengurangi beban ekonomi yang dirasakan saat ini,” ujar Viktor.

Menurutnya, selain desa dan kelurahan, pihaknya juga akan membagikan beras dan masker kepada kelompok pekerja harian lepas seperti sopir angkot, tukang ojek, pengayuh becak dan tukang parkir di Kota Ambon.

Fokus bantuan kepada sopir angkot, tukang ojek dan pengayuh becak ini dilatari pemikiran penghasilan mereka cenderung menurun karena keputusan pemberlakuan kerja dari rumah (Work From Home) oleh pemerintah untuk memotong mata rantai penyebaran Covid-19.

‘Tim Rumah Aspirasi akan membagikan bantuan ini kepada pengayuh becak, tukang ojek dan sopir angkot di beberapa ruas jalan yang telah ditentukan, termasuk mendatangi pangkalan ojek dan becak untuk menyalurkan bantuannya,” tuturnya.

Ditambahkan, bantuan tahap kedua yakni alat pelindung diri (APD) berupa 100 kotak masker medis, 100 pcs kaca mata medis, 100 boks sarung tangan medis, serta 100 pcs Coverhall (baju medis), akan difokuskan penyalurannya kepada para dokter dan tenaga medis yang ada di sejumlah rumah sakit rujukan.

“Jangan dilihat besar kecilnya bantuan, tetapi niat tulus dan kesungguhan MCB sebagai representasi masyarakat Maluku untuk membantu basudaranya di tengah kesulitan hidup akibat pandemi Covid-19 ini,” pungkansya.(S-39)