AMBON, Siwalimanews –  Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Modern Expres Ambon menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tim medis melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Provinsi Maluku.

Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Direktur Utama BPR Modern Express, Jantje Saya kepada Ketua Harian Gustu Percepatan Penanganan Corona Covid-19, Kasrul Selang di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (5/5).

Adapun bantuan dari BPR Modern Expres terdiri dari APD sebanyak 400 buah, face shield 400 buah dan goggles sebanyak 15 buah.

Direktur Utama BPR Modern Expres, Jantje Saya mengatakan, sesuai rencana, bantuan tersebut akan didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan tim medis di Maluku dalam menangani dan melayani masyarakat dan pasien Covid-19.

“Bantuan ini sebagai bentuk parstisipasi kami dari BPR Modern Expres untuk meringankan beban Pemda Maluku dalam penanganan dan upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di Maluku,” ungkap Jantje.

Baca Juga: Tiga Pedagang Positif Versi Rapid Test

Menurutnya, ratusan APD yang diberikan termasuk yang berkualitas baik sehingga akan lebih efisien dalam penggunaannya.

“ADP ini ada yang satu kali pakai langsung buang, tetapi yang kami berikan juga ada sekitar 250 APD yang penggunaanya bisa 20 kali pakai dan 20 kali cuci. Itu yang kualitas bagus,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sebelumnya ada permohonan bantuan APD yang diajukan pihak rumah sakit ke BPR Modern Expres.  Namun berdasarkan surat edaran yang ada, agar bantuan disalurkan melalui satu pintu yaitu melalui Gugus Tugas.

“Untuk itu, kami berkoordinasi dan Gugus Tugas yang menyalurkan,” tandas dia.

Disamping itu, kata Janjtje, pihaknya juga telah memberikan bantuan sembako kepada Pemkot Ambon untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak.

“Kalau Pemkot Ambon lebih banyak untuk bantuan sembako dan ini sudah kami salurkan. Khusus untuk Ambon kurang lebih 2.5 ton beras untuk meringankan masyarakat yang terdampak,” ungkap Jantje.

Selain Kota Ambon, lanjut dia, bantuan sembako juga disalurkan ke kabupaten/kota.

“Bukan hanya di Kota Ambon, kabupaten-kabupaten juga kita berikan bantuan. Masing-masing kabupaten telah diserahkan bantuan sembako melalui Gustu Covid-19 sebanyak 1.5 ton beras,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Harian Gustu Percepatan Penanganan Corona Covid-19, Kasrul Selang didampingi Kadis Kesehatan Maluku, Meykel Pontoh dan Karo Humas dan Protokol Setda Maluku, Melky Lohi dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas bantuan yang diberikan.

“Kami sampaikan terima kasih kepada BPR Modern Expres karena telah berpartisipasi membantu pemda dan juga meringankan beban masyarakat yang terdampak,” ujar Kasrul. (S-39)