DOBO, Siwalimanews – Guna memperkenalkan dunia perbankan kepada masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro, maka Bank Maluku Maluku Utara Cabang Dobo menggelar sosialisasi dan edukasi perbankan, Kamis (20/10).

Sosialisasi berlangsung, di aula Gereja Bethel Dobo itu digelar dalam rangka bulan inklusi keuangan, yang merupakan program dari Otoritas Jasa Keungan bekerja sama dengan perbankan.

“Kita terlaksana atas kerja sama dengan Klasis PP Aru, sementara para peserta sosialisasi merupakan para pelaku usaha mikro dalam jemaat dan klasis, khususnya di Kota Dobo dan sekitarnya,” ujar Kepala Bank Maluku Malut Cabang Dobo, Colombus Masrikat kepada Siwalimanews, usai sosialisasi tersebut.

Pelaksanaan bulan inklusi keuangan keberlanjutan sesuai target inklusi keuangan tahun 2024 sebesar 90 persen berdasarkan Permenko Perekonomian Nomar 4 tahun 2021 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Selain itu, perlunya program literasi dan inklusi keuangan, yang didukung strategi literasi dan inklusi keuangan, agar tercipta masyarakat yang well literate dan financial well-being, maupun agenda tahunan nasional dari Dewan Nasional Keuangan Inklusi serta pemulihan ekonomi nasional dan presidensial G20

Baca Juga: Bocah 6 Tahun di Air Kuning Hilang Terseret Arus Kali

“Tujuannya untuk membuka akses keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat di Maluku khususnya Aru, mengkampanyekan budaya menabung diberbagai sektor industri jasa keuangan bagi masyarakat, meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan di Aru, mendorong pembukaan rekening serta penggunaan produk dan layanan jasa keuangan di Aru serta mempublikasikan dan mengoptimalkan program inklusi keuangan sektor jasa keuangan di Aru,” jelasnya.

Selain itu kata Masrikat, kegiatan ini bertujuan juga untuk, bagaimana para pelaku usaha mikro bisa berkembang serta dapat mengatur manajemen keuangan yang baik, sehingga modal usaha yang diterima dapat dikelola secara maksimal, guna meningkatkan usahanya.(S-11)