AMBON, Siwalimanews – Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-110 Kodam XVI/Pattimura resmi digelar di di wilayah Kodim 1503/Tual dan Kodim 1510/Sula, Selasa (2/3).

TMMD merupakan salah satu wujud operasi militer selain perang (OMSP) melalui program lintas sektoral dengan melibatkan TNI, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Di wilayah Kodim 1503/Tual, TMMD ke-110 dibuka oleh Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga di dampingi Dandim 1503/Tual  Letkol Inf. Mario Christian Noya bertempat di Lantai II Kantor BPKAD, Keceran Pp Aru, Kabupaten Kepulauan Aru.

Sedangkan di wilayah Kodim 1510/Sula dibuka oleh Sekda Kabupaten Kepulauan Sula, Syarifudin Sapsuha dengan didampingi Dandim 1510/Sula Letkol Inf Tri Yudianto bertempat di Desa Waiboga Kecamatan Sulawesi Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula.

Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arm Stefie Janjte Nuhujanan dalam rilis yang diterima Siwalima, Kamis (4/3) mengatakan, mengingat kriteria sasaran program TMMD berupa daerah miskin, tertinggal, terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan, pulau terluar dan daerah terkena bencana alam.

Baca Juga: Resmi Beroperasi, KMP Satya Kencana Layani Dobo-Marlasi

Diharapkan TMMD menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya pe­merataan kesejahteraan masyara­kat dan ketahanan di wilayah daerah pulau terluar,” kata Nuhujanan.

Untuk itu dirinya meminta kepada masyarakat yang menjadi lokasi TMMD untuk mendukung pelaksananan kegiatan tersebut.

“Kepada masyarakat yang dae­rahnya mejadi lokasi TMMD, Saya berharap berpatisipasi dan men­du­kung pelaksanaan TMMD ini agar tujuan dan sasaran yang di­inginkan dapat tercapai secara optimal se­suai dengan harapan masyarakat,” harap Nuhujanan. (S-39)