AMBON, Siwalimanews – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Jumat (10/6) mengukuhkan Bakti Artanta sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku menggantikan pejabat lama Norviarso Manullang yang dimutasikan ke Jawa Tengah.

Pengukuhan yang berlangsung di Ballroom Hotel Santika Premiere, Ambon itu, ditandai dengan penyerahan petikan SK Gubernur BI kepada pejabat baru, dan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pejabat yang lama Norviarso Manullang.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan, pengukuhan ini merupakan agenda kelanjutan dari agenda sebelumnya di Jakarta yang telah berlangsung sejak 18 Januari 2022 lalu. Ini baru dilaksanakan karena terkendala pandemi covid.

Dijelaskan, mutasi, rotasi sekaligus promosi yang terjadi, dilakukan terhadap 39 pimpinan satuan kerja BI, baik di pusat maupun kantor wilayah dalam negeri maupun di luar negeri.

“Proses ini adalah hal yang biasa bagi kami, ini bagian dari transformasi organisasi dan SDM kami dalam rangka mewujudkan visi kami,” ujarnya.

Baca Juga: 40 Persen APBD Terkuras Hanya untuk Gaji ASN Pemkot

Damayanti minta kepada Kepala BI yang baru agar dapat berupaya meningkatkan nilai kerja dengan pemda.

Sementara menyangkut UMKM Damayanti mengaku, ada program dimana BI akan membantu untuk peningkatan UMKM tersebut.

“Kami punya kebijakan, tapi kalau tidak diterapkan juga percuma, jadi kalau turun langsung berdiskusi dengan stakeholder, para pimpinan, sehingga kami berharap, kebijakan itu dapat diterapkan dan bermanfaat bagi Indonesia secara keseluruhan,” ujarnya.

Tantangan yang akan dihadapi kedepan kata dia, tidak akan mudah dan itu akan terus membayangi perekonomian secara nasional.

“Kita bersyukur per Maret kemarin, ekonomi kita masih bisa tumbuh di 5,09 persen. Ini menandakan bahwa ekonomi kita masih sangat kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat  Sekda Sadali Ie berharap, dalam rangka akselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku, BI merupakan salah satu instansi yang memiliki peran penting dalam mendorong perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Untuk itu, saya berharap, kemitraan pemprov dan kabupaten/kota se-Maluku, dengan perwakilan BI Maluku yang sudah terjalin dengan baik selama ini, agar lebih dioptimalkan lagi,” harapnya. (Mg-1)