BAKN Juga Tolak Usulan Kenaikan Pangkat

AMBON, Siwalimanews – Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) menolak usulan kenaikan pangkat dua pejabat di lingkup Pemkot Ambon.

Dua pejabat tersebut masing-masing Pieter Leuwol dan Josiaz Loppies. Leuwol saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sedangkan Loppies sebagai Kepala Satpol PP. Keduanya dilantik oleh walikota beberapa waktu lalu di Hotel The Natsepa.

Setahun setelah pelantikan, keduanya berencana mengusulkan kenaikan pangkat, sayangnya usulan keduanya ditolak BAKN.

“BAKN tak setuju pengusulan kenaikan pangkat, karena harus ada rekomen­dasi dari KASN. Jadi kalau pemkot masih terus bermasalah dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), maka lelang jabatan akan menjadi terhambat,” tandasnya.

Selain itu, langkah Pemkot Ambon mempromosikan se­jumlah jaba­tan tinggi pra­tama terhalang larangaan KASN. Larangan bagi Pemkot tidak melakukan lelang jabatan lantaran Walikota Ambon, Richrad Louhena­pessy membangkang terha­dap rekomendasi KASN yang meminta pejabat tinggi pratama dan puluhan ASN yang dicopot  pada 29  De­sember 2017 lalu dikembali­kan ke jabatan semula.

Mereka dinonjobkan  ber­dasarkan SK walikota Nomor 532 tahun 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan PNS dalam lingkungan Pemkot Ambon.

Pendekatan persuasif terus dilakukakan oleh KASN. Namun tak membuahkan hasil. Walikota tak mau menindaklanjuti rekomendasi itu.

Batas waktu kemudian diberikan KASN hingga 31 Maret 2019. Tetapi lagi-lagi, walikota cuek. Rekomen­dasi KASN tetap diabaikan. KASN habis kesabaran dengan sikap walikota. KASN menggelar pleno dan diputuskan untuk mela­porkan Walikota Ambon kepada presiden. (S-39)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *