AMBON, Siwalimanews – Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur akan mengelar bakti sosial di tiga wilayah sasaran, salah satunya di Desa Masika, Kabupaten SBB.

Bakti sosial yang dilakukan adalah pembagian sembako dan juga alat pelindung diri (ADP) kepada masyarakat dan petugas kesehatan.

“Memang rencana kegiatan itu betul adanya dan kita diperintahkan untuk memilik 3 sasaran. Kita pilih Desa Masika di SBB, Obi sama Desa Bacan di  Maluku utara, untuk bakti sosialnya kepada masyarakat,” jelas Kepala Bakamla Zona Maritim Timur, Laksma Arief Sumartono kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (3/9).

Menurutnya, kegiatan ini secara nasional dilakukan di tiga zona keamanan laut yakni zona barat, zona tengah dan zona timur.

“Besok pagi, pusat akan melaksanan upacara pembukaan kegiatan ini dan kami  disini diperintahkan berkoordinasi dengan instansi untuk melihat persiapan kegiatan pembagian sembako dan APD di tiga lokasi, salah satunya di SBB, ujar Arief.

Baca Juga: Kebakaran di Batu Merah, 2 Rumah Ludes

Kedatangan dirinya ke kantor gubernur untuk berkoordinasi dengan penghubung BNPB yang ada disekretaris gugus tugas Covid-19 maluku untuk mengelar aksi sosial.

“Kita sudah melakukan koordinasi juga dengan Dinas Kesehatan di kabupaten SBB Masika tentang kegiatan ini,” jelas Arief.

Jenderal bintang satu di pundaknya juga mengaku kegiatan ini selain melibatkan 35 personil, 2 unit kapal milik Bakamla juga akan di kerahkan untuk mendukung kegiatan kemanusiaan.

“Ada 35 personil yang diinformasikan, sekarang kan kita punya kapal yakni KM Ular Laut dan KM Kuda Laut siap kita gunakan,” ungkapnya.

Pembagian sembako dan APB katanya, di tiga lokasi  yakni di Desa Masika sebanyak 250 paket sembako, di Desa Obi sebanyak 772 paket sembako dan di Desa Bacan 755 paket sembako.

Sebelum digelar, tim akan melakukan survei terlebih dahulu kepada siapa saja yang nanti berhak mendapatkan paket bantuan tersebut.

“Tepatnya kegiatan ini akan dilaksanakan 19 September nanti di bacan, 21 di OBI, dan di Masika pada tanggal 23 nanti,” tandasnya.(S-39)