AMBON, Siwalimanews – KMP Bahtera Nusantara 02 diren­canakan akan melayari Ambon-Bnada-Tual pulang pergi. Kapal dengan bobot 1.500 GT, jenis roro dengan panjang 71 meter dan lebar 14 meter tersebut dalam waktu dekat akan diresmikan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Kapal ini tiba di Pelabuhan Yos Su­darso Ambon Sabtu (24/10). Kapal ini akan beroperasi Nopember menda­tang. Penjabat Dirut Panca Karya, Rusdi Ambon kepada wartawan me­ngaku, pihaknya dipercayakan Pem­prov Maluku untuk mengoperasikan kapal tersebut, namun ia belum mau berkomentar banyak.

“Nanti saja, saya akan berikan komentar ketika diresmikan kemudian dioperasikan, mungkin akhir bulan ini atau awal bulan November,”ungkap Rusdi.

Pantauan Siwalima, KMP Bah­tera Nusantara 02 resmi tiba di Ambon dan kini bersandar di Pabuhan Yos Sudarso, Sabtu (24/10). Kedatangan kapal bantuan Kementerian Perhubungan itu, disambut oleh Kadishub Maluku M Ali Malawat dan Plt Dirut Panca Karya Rusdi Ambon.

Disaat kapal bersandar, Kadis­hub dan Plt Dirut Panca Karya naik ke atas kapal untuk melakukan pengecekan fasilitas kapal. Seluruh dek kapal mulai dari tempat penampungan kendaraan bermotor, kemudian sejumlah kursi tertata rapi yang nyaman bagi penumpang lengkap dengan sandaran, serta reclining seat dan kelengkapan lainnya tak luput dari pemeriksaan keduanya.

Baca Juga: Nurlete Calon Raja Batu Merah

Seperti kapal penumpang pada umumnya, kapal ini juga dileng­kapi dengan ruangan beberapa kelas baik ekonomi maupun bisnis.

Usai melakukan kunjungan ke semua dek kapal termasuk ruang operasi kapal. Rombongan kemu­dian turun kembali ke pelabuhan.

Sementara itu salah satu ABK kapal ini kepada Siwalima me­ngaku, kapal ini bertolak dari Surabaya pada hari Selasa (20/10) sekitar pukul 22.00 WIB dan tiba di Ambon pukul 23.00 WIT.

“Kapal berlayar dengan kece­patan 12-13,5 knot, pelan saja, kapal ini bisa berlayar dengan kecepakan sampai 17 knot,” jelasnya singkat. (S-39)