NAMLEA, Siwalimanews – Babinsa Selwadu Koramil 1506- 03/Airbuaya, Sertu Ali Tueka melaksanakan kegiatan Komsos di Desa persiapan Walmatina, Kecamatan Airbuaya.

Humas Kodim 1506/Namlea dalam siaran persnya, kemarin menjelaskan, komunikasi sosial (Komsos) tersebut membahas tentang menjaga dan melestarikan budaya adat Buru, menjaga kebersihan lingkungan.

Berbicara lebih jauh tentang menjaga kebersihan lingkungan, Sertu Ali Tueka mengatakan, kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya, debu, sampah, dan bau.

“Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara mengelap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan,” ujar Tueka.

Dikatakan, kalau kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.

Baca Juga: 800 Lebih Warga Dobo Divaksin

“Jika kebersihan lingkungan tidak terjaga, maka lingkungan kita akan menjadi kotor. Seperti sampah yang sering sekali di buang di jalanan dan bukan di tong sampah. Sampah yang kita buang akan membuat lingkungan menjadi kotor dan banyak penyakit yang akan datang,” yakinkan Babinsa.

Pada kesempatan itu, Sertu Ali Tueka juga mensosialisasikan manfaat dari vaksinasi Covid 19  yang dilaksanakan Puskesmas Airbuaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Kepala Desa Persiapan Waetina, Oni Leslesi, tokoh adat dan tokoh agama serta masyarakat setempat.

Sementara itu, pada Kamis lalu (25/11/2021), bertempat di Kantor Desa Waipure, Kecamatan Airbuaya, Sertu Abdul Amin Umanailo Babinsa Koramil 1506-03/Airbuaya  monitoring pergantian dan pelantikan kepala Desa Waipure oleh Bupati Buru, Ramly Umasugi. Turut mendampingi bupati, Sekda Muh Ilyas Bin Hamid, Asisten I H Masri, Asisten II, Abas Pelu, Staf Ahli Mansur Mamulaty, dan Camat Airbuaya Hamisi Umasugi. (S-31)