AMBON, Siwalimanews – Pendeta Steven Atihuta mengingatkan anggota Polda Maluku terus semangat melayani masyarakat tanpa persungutan. Anggota Polri tidak boleh jemu berbuat hal baik dan jangan kehilangn semangat ketika melaksanakan tugas.

“Saya percaya sungguh, mata Tuhan begitu luas memperhatikan kebaikan bapak dan ibu anggota Polda Maluku bagi bangsa ini. Olehnya itu tetap semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri,” ujar Atihuta dalam refleksinya pada acara Doa Bersama Syukuran Natal Polda Maluku Tahun 2020 yang dilaksanakan di Rupatama Polda Maluku Kamis (14/1).

Syukuran Natal tersebut dibawah sorotan tema Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita Dalam Melaksanakan Tugas Kepolisian. Acara dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan diikuti perwakilan masing-masing satuan kerja, serta seluruh jajaran Polresta dan Polres Polda Maluku.

Dalam refleksi yang terambil dari pembacaan Alkitab yakni kitab Perjanjian Baru Matius 1 :24-25 dan Jakobus 1:2-8,  Atihuta menginterpretasikan tema yang diusung tersebut dengan mengajak anggota Polda Maluku tidak terbebani dengan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat.

Sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bangsa dan negara Indonesia tercinta, anggota Polri hendaknya mengesampingkan kepentingan pribadinya dan mengutamakan kepentingan umum.

Baca Juga: Polresta Ambon Selidiki Kelangkaan Minyak Tanah

“Tuhan memberikan kepada semua anggota Polri itu hikmat yang luar biasa. Bayangkan saja, di setiap tugas dan tanggung jawabnya, terkadang anggota Polri mengesampingkan kepentingan pribadi dan keluarganya dan mendahulukan kepentingan umum diatas segala-galanya. Jadi bukan unuk kepentingan pribadi tapi untuk kepentingan banyak orang dalam hikmat seutuhnya yang diberikan allah kepada anggota Polri itu sendiri. Tujuan dari hikmat itu adalah untuk kepentingan banyak orang,” pinta Atihuta.

Atihuta mengungkapkan, dalam menjalankan tugas seringkali anggota Polri harus meninggalkan keluarga untuk melayani masyarakat, namun hal itu merupakan tanggung jawab yang harus dituntaskan.

Olehnya itu anggota Polri khusus Polda Maluku jangan bersungut, sebab semua capaian dan tanggung jawab itu akan diperhitungkan Tuhan Yesus sebagai kepala gereja.

“Jadi apa yang kita tanam hari ini, kebaikan yang kita siram hari ini, mungkin kita tidak menikmatinya, tapi anak cucu kita yang akan menikmatinya,” tandas Atihuta.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri, berbagai persoalan dan tantangan tentu akan dihadapi. Namun masalah tersebut bukan menjadi rintangan untuk bisa mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Mungkin yang dimaksudkan berhadapan dengan resiko melaksanakan tugas dan tanggung jawab, bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk kepentingan banyak orang. Karena kepentingan bangsa dan negara, maka anggota Polri terkadang harus meninggalkan keluarga. Bagi saya itu hikmat yang berasal dari Tuhan,” jelasnya.

Setiap kebaikan yang ditanam hari ini, lanjut Atihuta tentu akan dinikmati oleh generasi yang akan datang. “Sebagai orang Kristen saya melihatnya itu bagian dari keselamatan. Apa yang kita tanam hari ini, kebaikan yang kita siram hari ini mungkin anak cucu kita yang rasakan,” ujarnya.

Olehnya itu, pendeta Atuhuta berpesan, dalam menjalani kehidupan agar senantiasa  melakukan kebaikan.

“Karena itu jangan jemu-jemu melakukan hal baik. Mata Tuhan begitu luas memperhatikan kebaikan saudara-saudara anggota Polri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kepada bangsa dan negara tercinta Indonesia ini,” pintanya.

Sementara itu, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes mengajak personel Polri untuk terus bersyukur, karena telah melewati tahun 2020 dengan aman dan damai.

“Tahun 2020 sudah kita lalui bersama dan kita telah memasuki tahun 2021. Sebagaimana yang disampaikan Bapak Pendeta kita harus semangat, kita membawa hikmat buat Tuhan,” ajak Wakapolda.

Jenderal bintang satu ini meminta semua personel untuk saling mendoakan di tengah masa sulit akibat mewabahnya pandemi Covid-19.

“Oleh sebab itu kita saling mengingatkan supaya kita menghadapi hari-hari dengan aman,” tandasnya.

Untuk diketahui, syukuran Natal tersebut selain dihadiri Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes, hadir juga Irwasda Polda Maluku Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Karo Ops, Kombes Pol Antonius Wantri Yulianto. Direktur Intelkam Kombes Pol Yosef Sriyono Joko Handono, Kabidkum Kombes Pol Michael Ken Lingga, Kabid Dokkes Kombes Pol drg. Subur, Kepala SPN Passo, Daniel Prio Dwi Atmoko, dan PS Ka Setum Polda Maluku Kompol Jacobis Sahetapy. (S-52)