AMBON, Siwalimanews – Ketua komisi IV DPRD Provinsi Maluku Samson Atapary mengaku, sumber daya manusia masih menjadi persoalan dalam dunia kesehatan di Maluku.

“Memang saat ini masalah sumber daya manusia, khususnya dokter masih menjadi persoalan mendasar kesehatan di Maluku,” ungkap Samson kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (20/8).

Menurutnya, dari aspek infrastruktur kesehatan, seperti rumah sakit di Maluku telah memadai, namun dari aspek sumber daya manusia, khususnya dokter spesialis masih menjadi perhatian serius.

“Kita bisa membangun rumah sakit tipe C dan tipe D, tapi kalau dokter tidak ada mau bagimana dan memang masalah dokter ini menjadi gumulan kita di komisi,” ujarnya.

Ia mengaku, jika dibandingkan dengan tenaga perawat, tenaga dokter khususnya untuk dokter spesialis masih sangat minim di Maluku, sehingga perlu ada langkah untuk merekrut dokter spesialis dan ditempatkan di rumah sakit, baik tipe C maupun D.

Baca Juga: Dikabarkan Hilang, 3 Nelayan Aru Ditemukan Selamat

Karena itu, Komisi IV mendorong Dinas Kesehatan Maluku untuk melakukan usulan penambahan dokter spesialis untuk rumah sakit yang ada di kabupaten/kota.

Tak hanya itu, masalah alat kesehatan dasar pun, sampai dengan saat ini masih minim di rumah-rumah sakit. sehingga perlu diatasi dengan baik agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang maksimal. (S-50)