AMBON, Siwalimanews – Bertambah lagi pe­jabat tinggi lingkup Pemprov Maluku yang terpapar covid setelah Wakil Gu­bernur, Barnabas Nat­haniel Orno, kini Asisten I Bidang Tata Peme­rintahan Setda Malu­ku, Frangky Jo­ha­nes Papilaya juga terin­feksi virus terse­but.

Kendati demikian, kondisi man­tan Kadis Perhubungan Maluku ini baik sehingga ia diperbolehkan menjalani perawatan di kedia­mannya di Passo.

“Pak Asisten I menjalani perawatan di rumah sendiri,” jelas Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur, Rabu (3/2).

Kasrul menyebutkan, Papilaja terpapar sejak 10 hari lalu, dan mendapat perawatan insentif di Rumah Sakit Umum Pusat dr Johanes Leimena.

“Beliau memang tanpa gejala dan setelah 10 hari dinyatakan selesai isolasi terpusat dan bisa dilanjutkan dengan isolasi mandiri di rumah,” jelas Kasrul.

Baca Juga: Paroki Katedral Minta Doakan Kesembuhan Uskup

Ditanya apakah beliau masih positif atau sudah negatif, Kasrul mengaku hasil swab kedua, beliau masih dinyatakan positif. “Kita swab kemarin hari Selasa 2 Februari masih positif,” ung­kapnya.

Ditanya kembali, beliau terpapar dari mana Kasrul lagi-lagi men­jawab kalau saat ini akan sangat sulit untuk mendieteksi. “Ini sudah  di komunitas, akan sangat susah, kita juga tidak tahu siapa yang menularkan ke siapa,” katanya.

Masih Positif

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno masih dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Pasca dinyatakan positif pada Kamis (7/1) lalu, dan pengambilan swab test kedua pada Sabtu (16/ 1) mantan Bupati Maluku Barat Daya ini masih dinyatakan positif. Walau demikian kondisinya terus membaik.

“Hasil swab spesimen kedua pak wagub masih positif. Namun kondisinya terus membaik,” jelas Jubir Satgas Covid-19 Maluku, Dony Rerung kepada Siwalima, Selasa (19/1) lalu.

Jubir menjelaskan, secara medis kondisi orang nomor dua di Provinsi Maluku ini berangsur-angsur pulih tetapi untuk memastikan sembuh haruslah melalui swab. (S-39)