NAMLEA, Siwalimanews – Arus balik dari Pelabuhan Namlea menuju Ambon dengan menggunakan armada Pelni KM Dorolonda terpantau masih normal dan lancar.

“Arus balik penumpang pasca Lebaran terpantau masih normal dan lancar, ” ungkap Paur Humas Polres Pulau Buru, Aipda MYS Jamaludin dalam siaran persnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (27/4).

Arus balik menuju Ambon dari Pelabuhan Namlea usai lebaran, tetap berjalan lancar dan tidak sampai membludak karena ada angkutan penyeberangan dengan kapal ferry dan juga kapal cepat yang beroperasi setiap hari.

Karena itu, saat KM Dorolonda dari wilayah barat bersandar di Pelabuhan Namlea dengan tujuan Ambon, Ternate dan Bitung, terpantau penumpangnya juga tidak terlalu berdesakan.

“KM Dorolonda tiba di Namlea pada Rabu (26/4) malam pukul 20.30 WIT. Kapal ini bersandar hanya beberapa jam dan lanjut bertolak menuju Ambon pada pukul 23.00 WIT,” ujarnya.

Baca Juga: Nasib Mantan Ketua IDI Tergantung Hasil Audit

Arus balik dengan KM Dorolonda dipantau langsung oleh Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman dan Dandim 1506 Namlea Letkol Arh Agus Nur Fujianto dan sejumlah pejabat utama Polres Buru.

Dengan ditemani Kepala PT PELNI Cabang Namlea, Surahman dan Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kelas II Namlea Jonly Arnold Pentury, rombongan kapolres lebih awal berada disana sebelum KM Dorolonda bersandar di Pelabuhan Namlea.

Usai bersandar, terpantau penumpang yang datang dari Makassar dan Bau-Bau yang turun di Namlea sebanyak 234 orang. Sementara penumpang yang naik sebanyak 671 orang.

“Mereka yang naik ini usai berlebaran di kampung halaman dan harus balik lagi usai liburan dengan tujuan terbanyak turun di pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan sebagian kecil lagi menuju Ternate dan Bitung,” jelas Jamaludin.

Selain penumpang turun dan naik, KM Dorolonda juga mengangkut penumpang lanjutan dari wilayah barat menuju Ternate dan Bitung sebanyak 2.537 orang.

Bahkan, kapolres beserta rombongan menyempatkan  diri naik ke KM Dorolonda untuk  melihat langsung aktivitas dan menyapa para penumpang yang akan melanjutkan perjalanan dengan kapal tersebut.

Dalam peninjauan itu, kapolres juga ikut melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap kelayakan dan kesiapan fasilitas KM Dorolonda, baik dari segi keamanan pada saat emergency sekaligus melakukan koordinasi dengan nahkoda.

Peninjauan arus balik mudik dilakukan untuk memastikan berjalan sesuai yang telah direncanakan, sehingga para penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan lancar, aman dan selamat. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memantau kesiapan moda transportasi laut beserta pelayanan stake holder terkait.

“Disaat para penumpang turun dan naik ke KM Dorolonda, terpantau terjadi aksi pencurian. Namun berkat kesigapan aparat keamanan, sang terduga pencuri berhasil diamankan yakni Syahrisal, warga asal Makassar, beralamat di BTN GMI Sambotara Desa Bontoa Kecamatan Mandai,” beber Jamaludin.(S-15)