DOBO, Siwalimanews – Wakil Muin Sogalrey melepaskan 23 calon jemaah haji (CJH) tahun 2022 asal Kabupaten Kepulauan Aru ke tanah suci.

Kontingen CJH asal Kabupaten Aru akan berkumpul bersama dengan CJH dari kabupaten kota yang lain di Maluku sebelum diberangkatkan.

Pelesapas puluhan CJH dipusatkan di gedung kesenian Sita Kena Dobo yang disaksikan oleh forkopimda, pimpinan OPD dan keluarga calon jemaah.

Dalam sambutannya Sogalrey menyampaikan bahwa ibadah haji adalah sebagai gambaran atau miniatur padang mahsyar, dimana seluruh umat manusia berhadapan dengan sang khaliq.

“Atas nama pemerintah maupun pribadi dan seluruh masyarakat Kepulauan Aru, kami senantiasa mendoakan saudara-saudara sekalian agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin serta kesehatan selama melaksanakan ibadah haji,” ungkapnya.

Baca Juga: Ambon Dikepung Hujan, BPBD Temukan 18 Titik Bencana

Dirinya juga meminta CJH yang datang ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima harus mengunakan waktu selama 40 hari itu untuk memperbanyak ibadah seperti berzikir, berdoa, bershodaqah dan tawakal.

“Sekembalinya dari tanah suci, diharapkan bapak ibu dan saudara-saudara akan dapat menerapkan kebiasaan ibadah untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” pesannya.

Lanjut dikatakan, keberhasilan penyelenggaraan haji ini tentu saja tidak semata mata tanggung jawab pemerintah pusat dan dae­-rah saja, melainkan juga tergan­tung pada partisipasi saudara-saudara para jamaah calon haji.

Selain itu, pelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji.

“Para jamaah haji kiranya dapat menjaga kebersamaan dan memperketat silaturahmi,” tambahnya. (S-11)