APD dan RDT Bantuan Pemprov Tiba di Bursel

NAMROLE, Siwalimanews – Alat Pelindung Diri (APD) serta alat Rapid Diagnostic Test (RDT) bantuan Pemerintah Provinsi Maluku  telah tiba di Buru Selatan.

“Iya, APD bantuan pemprov sudah kita terima  begitupun alat rapid testnya,” ungkap Ketua Gugus Tugas Bursel Tagop Sudarsono Soulisa kepada Siwalimanews, melalui pesan WhatsAppnya, Kamis (2/4).

Selain bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku, kata Tagop. Pemkab Bursel juga telah menyediakan sejumlah APD dan peralatan kesehatan lainnya serta obat-obatan dalam rangka percepatan penanganan virus corona.

“Selain bantuan pemprov, kita di Bursel juga sudah siapkan APD, thermo gun, rapid test, sarung tangan, obat-obatan (vitamin) dan lain-lain sesuai standar WHO,” ujarnya.

Menyoal tentang berapa jumlah banyak serta jenis-jenis APD apa saja yang dikirim pemprov, Tagop mengaku, untuk secara detailnya bantuan pemprov ia tidak mengetahuinya pasti.

“soal berapa banyak saya tidak tahu secara detail. Coba rekan-rekan pers konfirmasi hal itu langsung ke pak Kadis Kesehatan,” pinta Tagop.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Ibrahim Banda kepada wartawan di posko gugus tugas menjelaskan, pihaknya memang telah menerima APD maupun RDT bantuan pemprov.

“Jadi di Bursel kita terima 55 buah APD dan RDT. Tapi untuk jumlah RDTnya saya belum bisa merincikannya,” jelasnya.

Untuk berapa jumlah keseluruhan belum diketahui pasti, kata Banda, dikarenakan bantuan tersebut baru tiba dan belum dibuka, sehingga belum ditemukan surat pengantar yang menjelaskan terkait dengan jumlah bantguan itu.

Sedangkan untuk pengadaan oleh Pemkab Bursel, cukup banyak sehingga pihaknya tidak terlalu panik terhadap persediaan-persediaan tersebut. Saat ini sebagian pesanan pemkab sudah ada dan sebagiannya lagi masih dalam perjalanan dan direncanakan, besok Jumat (3/4) sudah tiba di Namrole.

“Awalnya kita usulkan pengadaan sebanyak 150 buah APD, tetapi karena terbatasannya anggaran, maka APD yang diadakan hanya 102 buah. Sedangkan untuk thermo gun yang dipesan sebanyak 35 buah bersamaan dengan batreinya,” rinci Banda.

Sedangkan untuk masker standar bedah tambah Banda, sudah dilakukan pengadaan sebanyak 100 box, masker N95 5 box, handsanitizer 500 ML 50 botol.

Selain itu, pihaknya juga telah mengusulkan untuk dilakukan pengadaan disinfektan sebanyak 100 botol, sabun dethol dan sejenisnya yang bisa diadakan langsung di Bursel.(S-35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *