AMBON, Siwalimanews – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengungkapkan angaka kesembuhan yang dimiliki Kota Ambon, justru melampaui angka kesembuhan nasional.

“Ada pun yang sembuh juga sangat banyak 3.266 orang dan angka ini telah melampaui angka rata- rata nasional yang berada pada posisii 82,84 persen,” ungkap Monardo kepada wartawan, saat memberi sambutan membuka kegiatan launching Duta Perilaku di Ambon, Senin (3/11).

Monardo mengatakan, meski Kota Ambon dalam beberapa bulan terakhir mengalami peningkatan kasus sebanyak 3.963 kasus terhitung sampai dengan 1 November, namun itu dibarengi dengan angka kesem­buhan yang cukup signifikan.

“Tentunya kita bersyukur bahwa kemampuan para dokter di Ambon  dan juga dokter di Maluku secara umum juga semakin baik. Angka kematian di wilayah Maluku mencapai 47 orang. Kalau dilihat angka kematian Maluku, menduduki urutan 10 provinsi dengan angka kematian terendah dengan presentasi 11,21 persen. Artinya angka kematian Provinsi Maluku berada dibawah nasional dengan presentase 3,38  dan angka global 2,6 persen,” beber Monardo.

Mantan Pangdam XVI/Pattimura ini meminta agar masyarakat tetap percaya Covid-19 memang benar adanya, namun patut masyarakat waspada sebab pihaknya tetap melakukan tugas untuk memantau perkembangan kasus dan umumkan kepada masyarakat guna mewanti-wanti masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga: Vaksin Corona Harus Diprioritaskan Bagi Medis

“Kita lakukan siaga, kami melakukan berbagai aktivitas dan kami betul-betul tidak pulang ke rumah hanya untuk menginformasikan bahwa Covid 19 ada. Saat ini angka kematian sampai lebih dari 11 juta orang, dan yang terkonfirmasi lebih dari 114 juta orang suatu angka bahwa wabah  pandemi yang kita alami sekarang tengah terjadi pada periode 100 tahun yang lalu flu spanyol,” jelasnya lagi.

Monardo berharap dengan progres angka penyembuhan yang semakin baik, dapat membawa Kota Ambon keluar dari peta zonasi orange.

“Mudah-mudahan 479 orang yang ada di Kota Ambon dan beberapa kota  lainya yang jumlah 500 orang yang masih dirawat, kita doakan segera sembuh, dan mereka yang terkonfirmasi covid bisa pulih sehingga tidak ada lagi yang wafat,” tandas Ketua BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 pusat ini. (Cr-6)