DOBO, Siwalimanews – Angka kasus kematian serta pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Aru terus melonjak dari hari ke hari.

Berdasarkan data yang dikeluarkan tim Satgas Covid-19 Aru pada Kamis (1/7), total sudah enam pasien yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Sementara jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 420 orang.

Jumlah ini terdiri dari 32 orang menjalani karantina terpusat, 315 orang jalani isolasi mandiri, sedangkan dalam perawatan 5 orang serta 62 orang dinyatakan sembuh.

Selain itu, terjadi peningkatan terkonfirmasi perhari dengan angka yang tinggi dimana terhitung Kamis (1/7) kemarin terjadi lonjakan 91 kasus terkonfirmasi positif. Dengan kondisi lonjakan pasien terkonfirmasi saat ini, namun dalam pelaksanaan penanganan Covid-19 oleh satgas sangat minim.

Hal ini terlihat dengan kondisi lokasi karantina mandiri di Kelurahan Siwalima, Kecamatan PP Aru, tepatnya di kampung Jawa (lokalisasi) masih terbuka dan orang bebas masuk keluar di tempat tersebut, bahkan petugas satgas pun tidak terlihat di sana.

Baca Juga: Ruhunussa Janji Mundur dari DPRD Malteng

Hal ini ketika dikonfirmasi dengan Bupati Johan Gonga sebelumnya mengakui, pengawasan minim, karena di tahun  ini diperhadapkan dengan keterbatasan masalah anggaran berbeda dengan tahun 2020 kemarin.

“Sehingga terjadi pengurangan anggota di dalamnya, namun tugas tetap jalan, dan terus kita koordinasikan,” ungkapnya.

Ia menegaksan, tim Satgas tetap solid dengan melaksanakan kegiatan razia masker, patroli. Penanganan kali ini tidak seperti dulu dengan menyemprot disinfektan, namun kini lebih banyak dengan sosialisasi dan pembentukan posko hingga tingkat RT dan desa, namun dilakukan secara bertahap. (S-25)