BULA, Siwalimanews – Puluhan Pegawai Honorer pada Satuan Polisi Pamong Praja, Kabupaten Seram Bagian Timur, Rabu (20/1) siang, melakukan aksi protes dengan melakukan pemalangan pintu masuk kantor tersebut, akibat gaji honor mereka selama dua bulan belum dibayarkan.

Pantauan Siwalimanews di lokasi kejadian, sekitar pukul 12.40 WIT, pemalangan pintu kantor tersebut menggunakan  kayu yang dipaku pada depan pentu masuk, serta tertempel selembar kartas yang bertuliskan, Palang ini dibuka kecuali hak anggota Satpol PP dibayar, karena hak anggota dua bulan belum dibayar.

Kepada Siwalimanews, Kelilauw salah satu anggota Satpol disela-sela aksi itu mengaku, sudah sejak bulan November hingga Desember 2020 mereka belum menerima gaji.

Pemalangan kantor ini dilakukan ia dan rekan-rekannya lantaran kesal, karena ada sebagian rekan kerja mereka yang sudah berkeluarga yang tentu membutuhkan gaji itu untuk menghidupi keluarga mereka.

“Kami di sini juga ada yang sudah menikah, tentu sangat membutuhkan uang gaji itu,” ujar Kelilauw dan beberapa rekannya.

Baca Juga: 10 ASN di Pemkab SBT Terima Satyalancana Karya Satya

Beberapa anggota Satpol juga mengaku, kejadian gaji honor mereka belum dibayarkan ini bukan baru pertama kali, namun kejadian ini sudah terjadi sejak tahun 2018, dimana pada saat itu, mereka hanya menerima gaji sampai bulan November, sementara di bulan Desember tidak dibayar.

“Kita semua ada 280 orang, semuanya belum dapat gaji dua bulan. Biasanya kita terima itu Rp 1,7 juta per bulan,” tandas mereka.

Kelilauw dan rekan-rekannya berjanji, palang ini akan dibuka, apabila sudah ada penjelasan dari Kasatpol PP Abdullah Rumain, terkait dengan pembayaran dua bulan gaji mereka. (S-47)