AMBON, Siwalimanews –  Universitas Budi Luhur membuka kesempatan bagi putra dan putri Indonesia di daerah termasuk di Maluku, untuk kuliah gratis di tengah Pandemi Covid-19.

Univeritas  yang merupakan kampus IT pertama di Indonesia ini, memberikan beasiswa Nusantara online kepada seluruh putra putri daerah di Indonesia. Beasiswa ini akan diberikan kepada 150 calon mahasiswa dan diharapkan menjadi solusi bagi calon siswa yang terdampak pandemi.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat. Namun dengan Paket Program Kuliah Merdeka (PPKM), Universitas Budi Luhur memberikan beasiswa gratis sampai lulus kuliah.

Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (28/8) mengatakan, seleksi penerimaan beasiswa online gratis ini dilihat dari segi akademik, attitude dan pekerjaan orang tua.

“Jadi yang kami lakukan adalah, melakukan seleksi via online. Setelah itu mengisi data-data lalu upload ijazah dan lain-lain, nanti kita hubungi dan kita tes seleksi akademik, wawancara secara online agar kita bisa melihat antusiasme, attitude, dan kemampuan finansial orang tua mereka,” jelas Wendi.

Baca Juga: Desersi, Satu Personel Polres SBT Dipecat

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro menambahkan, program beasiswa ini digagas tahun 2004 dan sudah memberikan manfaat bagi mahasiswa, diantaranya kuliah gratis, tempat tinggal gratis hingga uang transport ke Jakarta.

“Dari tahun 2004, kita memberikan kuliah gratis, bahkan kita datang ke lokasi dan kita siapkan tiket, nanti pulang kita beri tiket gratis. Jadi beasiswa ini full gratis,” ucapnya.

Ketua Pusat Studi Budi Luhur Yusran juga menjelaskan, bagi calon mahasiswa penerima beasiswa online ada beberapa tahap, dimulai pendaftaran administrasi, akademik hingga wawancara, yang semuanya dilakukan secara online.

Ditambahkan, penerima beasiswa ini, akan diberikan fasilitas kuota internet dan pendidikan yang berkualitas.

“Jadi seluruh calon mahasiswa bisa mengisi data-data di website. Kami menyerahkan data-data tersebut ke 5 fakultas dan masing-masing program studinya menyeleksi mana-mana saja mahasiswa yang sesuai grade,” jelasnya.

Untuk diketahui, Universitas Budi Luhur membuka program kelas unggulan yang bisa dipilih bagi calon penerima beasiswa online gratis, seperti Fakultas Teknologi Informasi (Data Science), Fakultas Ilmu Komunikasi (Digital Media & Advertising), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Marketing & Digital Business), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Cybercrime) dan Fakultas Teknik (Eco Smart Real Estate).

Untuk informasi syarat pendaftaran ke Universitas yang beralamat di jalan Ciledug Raya, RT10/RW2, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, 12260 ini dapat mengunjungi website www.budiluhur.ac.id/email @psbl@budiluhur.ac.id/WhatsApp 089663332208 atau 082111527663.

Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan membantu mahasiswa dapat bekerja di industri dengan keahlian yang didapat selama perkuliahan, serta dapat menerapkan nilai-nilai kebudiluhuran. (S-32)