AMBON, Siwalimanews –  Kota Ambon memiliki luas laut lebih besar dari daratan dan memiliki potensi bawah laut yang indah dapat dipromosikan sebagai destinasi wisata walaupun tidak seindah laut yang ada di wilayah Wakatobi dan raja Ampat.

Untuk itu direncanakan keindahan bahaw laut Ambon akan dijadikan sebagai icon serta salah satu destinasi wisata yang akan dicetak dalam kalender di tahun 2021.

“Atas nama Pemkot Ambon saya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Amboina Underwater Photography Competition 2020  yang dilaksanakan selama dua hari yang bertujuan untuk mengangkat keindahan bawah laut yang ada di wilayah Kota Ambon,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutannya yang dibacakan Asisten ll Kota Ambon Robby Silooy sekaligus menutup Amboina Underwater Photography Competition 2020 di Lantai V Santika Hote Premiere Ambon, Minggu (23/2) malam.

Walikota berharap, seluruh peserta underwater photography yang berasal dari luar Kota Ambon ataupun dari manca negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, kiranya dapat mempromosikan keindahan laut Ambon agar dikenal di daerah lain di Indonesia, bahkan dunia.

Sementara itu Danlanud Pattimura Kolonel Penerbang Sapuan selaku penanggung jawab kegiatan Amboina Underwater Photography Competition 2020 menjelaskan, kegiatan underwater photography ini dilaksanakan bertujuan untuk memperkenalkan keindahan bawah laut  yang ada di wilayah Kota Ambon agar dikenal di daerah lain dan bahkan sampai ke manca negara.

Baca Juga: Kapolda Maluku Santuni Anak Yatim

Dalam penutupan acara tersebut dilakukan pengumuman pemenang pada setiap kategori sesuai keputusan dewan juri antara lain, untuk kategori kompact macro, juara 1 diraih oleh Ji min (Cina), juara II, Bryan (Amerika) dan juara III diraih oleh Akas hamid (Wakatobi).

Untuk kategori open makro, juara I diraih oleh Andre Talahatu (Ambon), juara II Roike M Keji (Manado) dan juara III Nofrizal (Surabaya). Sedangkan kategori open wide, juara I diraih oleh, Nelson Wada, juara II Patricia Melati dan juara III Frederica Randi.

Sedangkan untuk  kategori kompact wide, juara I diraih oleh Kaori Simanto (Wakatobi), juara II Guntur, dan juara III diraih oleh Cika Widiya. Para pemenang dalam lomba ini masing-masing diberikan trophy dan uang tunai puluhan juta rupiah.

Untuk diketahui hadir dalam acara penutupan tersebut, antara lain, Kadis Pariwisata Provinsi dan Kota Ambon, Irdam XVI Pattimura, Danlanud Pattimura, Dir Polairud Polda Maluku, Wadan Lantamal IX Ambon, Asisten ll Pemkot Ambon, Kepala BI Perwakilan Provinsi Maluku, serta para peserta dan undangan lainnya. (S-39)