AMBON, Siwalimanews – Kebijakan Pemkot Ambon yang mewajibkan setiap pensiunan harus menunjukan kartu vaksin sebagai syarat untuk mengambil pensiuan di bank mendapat tanggapan miring dari para pensiunan.

Bahkan para pensiunan ini minta Walikota Ambon Ricahrd Louhenapessy untuk mempertimbangkan kebijakanya yang mengatur pihak bank untuk menerapkan wajib pakai kartu vaksin saat pengambilan gaji pansiun.

Agutina Takaria pensiunan ASN Kota Ambon kepada Siwalimanews di Ambon, Selasa (26/10) menilai, kebijakan pemkot untuk memberlakukan penerima pensiun harus memiliki kartu vaksin terkesan agak memaksa.

Pasalnya, jika pensiunan yang miliki penyakit bawan seperti dirinya, yang belum bisa untuk melaksanakan vaksinasi lansia, maka tak bisa mengambil pensiun, dengan demikian apakah pemkot yang akan mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

“Saya ini menderita penyakit darah tinggi, apakah bisa divaksin, tentu belum bisa, kalau begini terus harus kita bagaimana. Sementara jika saya tidak ambil gaji pensiun saya karena terhambat kartu vaksin, lalu untuk kebutuhan sehari-hari siapa yang mencukupinya,” tandas Takaria.

Baca Juga: Pemkot Atur Bank Soal Wajib Kartu Vaksin

Pensiunan ASN pemkot lainnya Berty juga mengaku cemas dengan penyakit yang dia derita, sebab bakal memicu dampak negatif usai vaksinasi.

“Kolesterol saya tinggi. Makanya minggu depan saya kontrol ke dokter, saya mau tanya boleh vaksin atau tidak, kalau tidak bisa terus apakah ada alternatif yang dilakukan oleh Pemkot Ambon terkait aturan yang baru ini ,” tanya dia.

Menurutnya, vaksinasi kepada para lansia memang sangat baik untuk membentuk herd immunity, namun harus juga dilihat resiko jika dilakukan vaksinasi kepada lansia yang miliki penyakit bawaan.

“Makanya Pemkot Ambon, tolong jangan beratkan para lansia dengan minta kartu vaksin, karena sebagain besar lansia belum juga divaksinasi, sebab banyak yang miliki penyakit bawaan ,” pintanya. (S-51)