AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mengamankan perayaan Tahun Baru 2023 di Provinsi Maluku, maka Kepolisian Daerah Maluku menggelar tactical floor game (TFG).

TFG yang digelar di ruang rapat utama Polda Maluku, Rabu (28/12) bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

Sejumlah pejabat utama Polda Maluku dan Polresta Ambon beserta unsur TNI maupun unsur lainnya yang tergabung dalam Operasi Lilin Salawaku 2022, menghadiri kegiatan yang dipimpin Karo Ops Polda Maluku Kombes Asep Syaipudin.

“TFG yang kita laksanakan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya dalam mengamankan perayaan Tahun Baru 2023,” ucap Karo Ops.

Dirinya mengaku. pelaksanaan TFG juga bertujuan untuk menyamakan persepsi antar wilayah, dimana Polda Maluku mengedepankan sinergitas dan kolaborasi, sehingga diharapkan Ops Lilin Salawaku 2022 dapat berjalan dengan optimal  sesuai yang diharapkan bersama.

Baca Juga: Ini Pesan Walikota ke PWI Maluku

Tactical floor game ini sangatlah penting kita laksanakan guna mengetahui cara bertindak dan manejemen dalam memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam pengamanan jalannya pergantian Tahun Baru 2023,” tuturnya.

Asep menyebutkan, TFG juga dilakukan untuk merekayasa arus lalu lintas saat malam pergantian tahun. Dimana saat itu masyarakat akan melaksanakan konvoi atau pawai.

“Untuk Kasat Intelkam Polresta Ambon agar meminitoring tempat-tempat keramaian yang akan dilaksanakan oleh masyarakat pada malam pergantian tahun,” pintnya.

Karo Ops juga mengingatkan kepada para personel agar dapat melakukan pengamanan secara preemtif dan persuasif serta menghindari sikap arogan terhadap masyarakat.

“Kami harapkan pelaksanaan pengamanan pergantian tahun dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” pintanya. (S-10)