AMBON, Siwalimanews – Hujan deras yang melanda Kabupaten Seram Bagian Timur sejak beberapa hari belakangan ini membuat tiga desa di Kecamatan Siwalalat terendam banjir.

Menyikapi hal itu, anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Timur, Fauzan Husni Alkatiri mengingatkan pemda untuk segera mengambil langkah-langkah penanggulangan banjir di Kecamatan Siwalalat.

“Ada tiga desa di Kecamatan Siwalalat yang diterjang banjir, yakni Desa Sabuai, Desa Abuleta dan Desa Atiayau. Kita minta agar segera ditangani oleh Pemda,” ujar Alkatiri dalam paripurna penyampaian kata akhir fraksi-fraksi di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (6/8).

Dijelaskan, kondisi banjir di Desa Sabuai telah diprediksi sejak lama oleh DPRD akibat gencarnya pembabatan hutan secara liar di kecamatan tersebut.

Akibatnya, telah terjadi dan saat ini kurang lebih 2 ribu masyarakat pada tiga desa tersebut kini mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Pemda ketika membiarkan begitu saja suatu kejahatan pembabatan hutan secara liar terjadi, maka hal itu akan berdampak di masa depan dan saat ini fakta tersebut telah terbukti.

Baca Juga: Pemprov Diingatkan Proaktif Berantas Narkoba

“Kebetulan dapil saya, jadi saya ingatkan secara lebih tegas supaya pemda ketika suatu kejahatan terjadi dan kita biarkan begitu saja, maka hal itu akan berdampak bagi masa depan dan hari ini telah terjadi,” tegasnya.

Karena itu, Alkatiri mengingatkan agar Pemda segera mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap musibah di Kecamatan Siwalalat serta mengatasi bencana kemanusiaan di Kabupaten SBT. (S-50)