AMBON, Siwalimanews – Akses jalan menuju Desa Hukuanakota, Kecamatan Inamosol, Kabupaten Seram Bagian Barat  rusak parah dan membutuhkan per-hatian dari Pemprov Maluku.

Menurut anggota DPRD Maluku, Hatta Hehanussa, Desa Hukuana­kota sangat terisolasi da mempri­hatinkan. Selain kondisi jalan yang rusak parah, tetapi desa ini sangat membutuhkan perhatian  Pemprov Maluku.

“Kita sudah rapat dengan mitra dalam rangka melihat surat-surat masuk, ada surat masuk dari Inamo­sol terutama Desa  Hukuanakota yang merupakan sebuah desa ter­pencil di tengah hutan  yang berada di Kecamatan Inamosol dengan jarak tempuh dari Kairatu 60 kilo meter ini perlu diperhatikan,” ujar­nya.

Hatta mengungkapkan, kondisi jalan dan postur rumah masyarakat yang mengalami longsoran, serta patahan bahkan ada sebagian rumah telah  hancur, namun belum ada per­baikan dari pemda.

Ia mengakui, akses jalan menuju Desa Hukuanakota merupakan jalan kabupaten, tetapi ia akan meminta provinsi untuk bisa memberikan perhatian.

Baca Juga: Guwandi Serahkan 120 Paket Sembako

“Penanganan terhadap patahan longsor itu perlu diperhatikan, Me­mang akses jalan dari Honitetu ke Hukuanakota itu memang jalan kabupaten, tetapi provinsi juga tidak bisa menutup diri karena persoa­lannya sudah kurang lebih 75 tahun ini mereka masih terisolasi dengan  kondisi yang ada,” beber Hata.

Karena itu, Hata mengharapkan adanya perhatian khusus dari Pemprov Maluku untuk mencoba lakukan langkah konkret, agar kondisi terisolasi yang terjadi dapat terakses terutama infrastruktur jalan.

Walaupun sesuai dengan penjelas­an Kadis PU, Muhammad Marasabessy jika PU sementara melakukan survei dalam rangka membuka akses jalan dengan menembus Desa Tala, akan tetapi persolaan ini sangat mendesak dan harus ada sentuhan langsung di tahun 2021 terhadap mereka. (Cr-2)