AMBON, Siwalimanews – AKBP Abdul Ghafur resmi memegang komando Polres Maluku Tengah menggantikan pejabat lama AKBP Rosita Umasugi yang dimutasikan sebagai Wakil Direktur Bina Masyarakat Polda Maluku.

Selain jabatan Kapolres Malteng, jabatan Direktur Kriminal Umum yang ditinggalkan Kombes Sih Harno yang dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan, ditempati oleh Kombes Andi Iskandar.

Kedua pejabat ini diumatsi berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/165-166/I/KEP/2022 tanggal 24 Januari 2022.

Peresmian kedua jabatan di lingkup Polda Maluku ini tandai dengan serah terimah jabatan yang dipimpin Kapolda Maluku Irjen Lothatia Latif di Rupatama Polda Maluku, Senin (7/2)

Kapolda dalam arahannya saat sertijab tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kombes Sih Harno atas dedikasinya selama ini yang telah membantu Polda Maluku dalam menyelesaikan berbagai kasus menonjol. Sementara untuk Kombes Iskandar diminta untuk segera berkoordinasi dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan saat ini.

Baca Juga: Kajari Dinilai Lakukan Tindakan Melawan Hukum

“Terima kasih untuk pejabat lama karena telah membantu kita dalam penyelesaian kasus-kasus yang menonjol di Polda Maluku, dan telah dapat menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di wilayah hukum Polda Maluku, dan untuk pejabat baru kedepan masih banyak kasus-kasus yang sangat menonjol yang perlu mendapat perhatian khusus dari Polri, mari kita selesaikan secara bersama-sama,” pinta Kapolda.

Hal yang sama juga diungkapkan Kapolda kepada AKBP Rositah Umasugi, yang telah membantu Polda dalam mengatasi situasi dan keamanan di wilayah hukum Maluku Tengah.

“Saya ucapkan banyak terimah kasih karna telah membantu saya dalam mengatasi situasi dan keamanan di wilayah hukum Maluku Tengah dapat tercipta dengan aman dan kondusif, walau telah terjadi beberapa permasalahan yang menonjol di daerah Maluku Tengah tetapi semuanya dapat dilalui dengan baik,” ungkapnya.

Untuk AKBP Abdul Gafur, Kapolda meminta untuk menyesuaikan dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak di Malteng.

“Saya berharap ke depan agar cepat berkordinasi dengan pemda dan stekholder terkait di wilayah hukum Maluku Tengah,” harap Kapolda.

Usai Sertijab kegiatan dilanjutkan dengan pisah sambut dan ramah tamah di Rupattama Polda Maluku. (S-10)