AMBON, Siwalimanews – Untuk mempromosikan produk-produk kuliner lokal, maka Pesiar Foundation Kabupaten Seram Bagian Timur akan mengelar Festival Gumumae Ekonomi Kreatif yang direncanakan akan berlangsung di bulan Agustus mendatang.

Dalam festival ini, nantinya olahan produk pangan lokal, seperti sagu dan ikanakan diikuti oleh para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produk olahan mereka.

“Jadi Festival ini untuk produk lokal unggulan yang nantinya dikumpulkan semua pada event ini yang direncanakan akan diglear pada bulan Agustus tahun ini dan kita targetkan itu produk pangan lokal dari 100 desa di SBT akan ditampilkan, sekaligus sebagai ajang promosi,” ungkap  ungkap Ketua Pesiar Foundatioin SBT Reza Waraiya kepada Siwalimanews di Ambon, Jumat (9/6).

Pada Festival ini kata dia, direncanakan akan diikuti oleh 250 pelaku usaha UMKM dari 100 desa di SBT. Bahan pangan lokal yang akan ditonjolkan dalam festival ini adalah, sagu. Menapa sagu, karena Maluku identik dengan sagu, selain itu pohon sagu juga tersebar di seluruh kabupaten/kota di Maluku.

Potensi sagu terbesar khusus di SBT yakni berada di Desa Waru, Kecematan Teluk Waru, serta ada pula di setiap desa di bumi Ita Wotu Nusa. Untuk itu pihaknya siap untuk mempromosikan sagu ke dunia internasional.

Baca Juga: Perlancar Pelayanan, Jalan Masuk Menuju Dinkes Dibangun

“Kami siap promosikan, kita berusaha untuk bagaimana caranya prodak unggulan sagu ada pada daerah itu dapat dikelola dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.(Mg-1)