MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah (Malteng) menyarankan agar masyarakat untuk hidup bersih, menjaga kesehatan, giat berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Terutama terus menjaga kebersihan tangan. Selalu mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun,” saran Abua, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi Corona bersama jajaran OPD di Lingkup Pemkab Malteng untuk menentukan langkah-langkah strategis menghadapi penularan covid-19 atau corona, Jumat (6/3).

Terkait dengan penganggaran, kata dia, nanti dibicarakan dengan DPRD Malteng juga.  Abua juga menyarankan masyarakat tak perlu panik, namun tetap waspada.

“Jangan memborong persediaan makanan. Karena semua kebutuhan masyarakat tetap tersedia dan disediakan. Jadi tidak perlu panik,” tandas Abua.

Rapat yanh dipimpin langsung oleh Abua  itu juga dihadiri Wakil Bupati Marlatu Leleury.

Baca Juga: RSUD Haulussy Siap Layani Pasien Corona

Selanjutnya, dalam rapat itu sejumlah langkah antisipasi dibicarakan termasuk pencegahan, dan pengobatan.

“Pengobatan ini terkait dengan persiapan ruang isolasi di rumah sakit. Termasuk penguatan obat-obatan dan tenaga medis di Puskemas di kecamatan-kecamatan,” katanya.

Kata dia, semua persiapan dibicarakan dalam rapat termasuk, antisipasi warga yang masuk keluar wilayah administrasi Maluku Tengah.

“Pengawasan menjadi langkah penting, semua hal dibicarakan. Mobilisasi masuk keluar manu­sia ke Maluku Tengah itu yang penting dipantau. Dan kita sudah bicarakan antisipasinya. Semua informasi terkait indikasi, tetap akan diperhatikan pemerintah. Yang pasti, kita harus siap dulu secara medis,” ujarnya. (S-36)