Abua Komitmen Perangi Stunting

MASOHI,Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tua­sikal Abua mengungkapkan keseriusan dan komitmen pemerintah menangani kasus stunting.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Kondisi mana mengakibatkan pertumbuhan tubuh anak tidak normal baik pertumbuhan fisik maupun otak Kekurangan gizi dalam waktu lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1.000 hari pertama kelahiran).

Rendahnya akses terhadap makanan bergizi,  asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani merupakan penyebab terjadinya kasus stunting  faktor utama

Komitmen dan keseriusan Pemkab Malteng mengatasi stunting ini disampaikan bupati melalui sambutannya pada pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam Upaya Pencegahan Stunting di Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2019, yang berlangsung di Aula Hotel Lelemuku, Masohi, Jumat (13/12).

“Komitmen memerangi Stunting ini tertuang  dalam  RPJMD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2017-2022, misi ke-l yaitu ‘Membangun Masyarakat Maluku Tengah Yang Lebih Sehat, Cerdas dan Profesional,” tandas Bupati melalui sambutannya yang dibacakan Asisten II Sekda Malteng, Bahrun Kalauw.

Abua menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan rakor saat itu. Sebab, baginya kegiatan dimaksud dapat dimanfaatkan sebagai wadah  koordinasi dalam rangka mengevaluasi, merumuskan program dan kegiatan secara terintegrasi  dalam upaya percepatan penurunan prevalensi angka stunting di Kabupaten Maluku Tengah.

“Kegiatan ini sejalan dengan komitmen pemerintah  memerangi stunting dalam upaya mewujudkan masya­rakat yang makin sehat, maju, berkualitas, dan sejahtera,” ujarnya.

Bupati berharap output kegiatan saat itu dapat secara maksimal memerangi stunting. Dengan begitu, maka upaya mewujudkan masyarakat yang makin sehat, maju, berkualitas, dan sejahtera bisa diwujudkan.

Rakor ini diikuti seluruh Camat se-Kabupaten Maluku Tengah serta instansi teknis terkait lingkup Pemkab Maluku Tengah. (S-36)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *