AMBON, Siwalimanews – Setelah kurang lebih sembilan tahun memegang jabatan Direktur Utama PDAM Kota Ambon, Alfons Tetelepta akhirnya diganti.

Proses pergantian dan serah terima jabatan tetelepta kepada Rina Purmiassa selaku Plt Dirut PDAM Kota Ambon yang baru, berlangsung di Balai Kota dipimpin oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Senin (1/8).

Sertijab dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Walikota Ambon dengan Nomor: 539 tahun 2022.

Wattimena dalam sambutannya mengatakan, proses pergantian ini adalah bagian dari tugas-tugas pemerintahan yang harus dilakukan.

Dimana tugas pemerintahan itu bukan hanya soal administrasi yang sudah menjadi tanggungjawab, ujar Wattimena, tapi bagaimana bisa menata jalannya sebuah proses dimasing-masing OPD, ataupun organisasi yang terkait dengan pemda. Dalam hal penataan itu, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap seluruh proses yang berlangsung selama ini, agar dilakukan perbaikan, untuk meningkatkan efektivitas dan efisinesi organisasi itu sendiri.

Baca Juga: Atasi Rawan Pangan, Lewerissa Dorong Kerjasama Lintas Sektor

”Untuk PDAM dalam evaluasinya kita berkesimpulan, harus ditata kembali. Kami sudah meninjau langsung ke PDAM, masukan dan lainnya sudah kita terima dalam upaya memperbaiki kinerja di PDAM. Jadi bukan hanya soal kontribusinya, tapi yang terpenting adalah PDAM bisa melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik untuk membantu pemkot dalam hal menyediakan air bersih kepada seluruh warga kota,” ucap walikota.

Dalam rangka itulah kata walikota, dilakukan proses pergantian tersebut.

“Secara teknis pak Tetelepta sangat profesional menguasai. Tapi dilain sisi, beliau juga rangkap jabatan sebagai Direktur DSA. Maka dari itu, kita melihat itu akan sulit untuk mengembangkan salah satunya. Karena itu, kita menilai beliau harus lebih fokus ke DSA,” ujar Wattimena.

Tetelepta juga selama ini memegang jabatan Dirut Dream Sukses Airindo (DSA), perusahaan patungan antara Pemkot Ambon dan Kota Drente, Belanda.

Tetelepta menjabat Direktur PDAM Ambon selama sembilan tahun sejak 2013 saat Walikota Richard Louhenapessy jabat periode pertama hingga 2022.

Hebatnya lagi, Tetelepta sudah menduduki posisi Dirut PT DSA Ambon sekitar 15 tahun saat MJ Papilaja masih menjabat Walikota Ambon. (S-25)