AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 9.175 kepala keluarga di Kota Ambon menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos).

Menurut Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, BST ter­sebut akan langsung diserahkan ke rumah warga.

Ia menjelaskan, saat ini penye­rahan dilakukan secara simbolis, tetapi selanjutnya petugas kantor pos akan salurkan ke rumah-ru­mah warga.

“Kita mulai salurkan ke warga dengan menggunakan sistem  door to door. Kita lakukan kita bagi disini secara simbolis, setelah itu lewat tim yang ada, pihak kantor Pos akan mendistribusikan lang­sung ke rumah masing-masing pe­nerima di setiap desa/negeri dan kelurahan di Kota Ambon,” katanya sembari mengungkapkan, total Kepala Keluarga penerima BST di wilayah Kota Ambon berjumlah 9.175.

Terkait pendistribusian, kata Sekot, ia minta pihak Kantor Pos untuk melihat sesuai kebutuhan atau tingkat urgensi masyarakat.

Baca Juga: PHBG Sinode GPM bagi Masker ke 13 Klasis

“Saya tidak bilang prioritas, tapi melihat dari durasi waktu yang diperlukan untuk pembagian. Saya minta ke pihak Kantor Pos untuk bagaimana memusatkan pemba­gian awal bagi warga yang akan merayakan Hari Raya, sehingga apa yang menjadi keperluan me­reka jelang Hari Raya dapat dipersiapkan lebih dini,” ujar sekot.

Ia berharap, proses pembagian dapat berjalan dengan baik, dan kiranya BST tersebut dapat ber­manfaat bagi masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Pos Cabang Ambon, Mu­hammad Adam mengatakan, selaku lembaga yang dipercaya­kan dan diberi tanggung jawab untuk menyalurkan BST, pihaknya akan berupaya semaksimal mung­kin agar penyaluran dapat berjalan dengan baik.

Untuk diketahui, Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bantuan yang berasal dari Kementerian Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), sementara Ban­tuan Langsung Tunai (BLT) berasal dari APB-Des.

BST ini akan dilaksanakan da­lam betuk 2 tahap, yang dise­diakan langsung oleh Kemen­sos. Dan senilai 600.000 yang akan diambil selama 3 bulan berjalan dan di totalkan 1,8 juta.

“Bantuan tunai diberikan oleh Ke­menterian Sosial melalui Kantor Pos yang tadi dilaunching tadi pagi, yang dihadiri bapak sekretaris kota, bantuan tersebut berjumlah 600.00 ribu  untuk tiga bulan berjalan kepada 9.175 kk di Kota Ambon, dan meru­pakan dana dari kementerian sosial,” tambahnya.(Mg-6)