AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 81 warga Kota Ambon mengikuti vaksinasi presisi Polda Maluku yang digelar pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021.

 Puluhan warga yang divaksin ini  menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca, pada Gerai Vaksinasi Presisi  Polda Maluku, di Lapangan Letkol CHR Tahapary, Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

“Kami memberikan vaksinasi kepada 81 warga. 79 warga disuntik pakai vaksin Sinovac dan 2 lainnya dengan AstraZeneca,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat kepada Siwalimanews, Rabu (18/8).

Menurutnya, vaksinasi gencar dilaksanakan Polda Maluku. Tujuannya membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran virus pandemi tersebut.

“Setiap hari kita buka vaksinasi gratis di Lapangan Letkol CHR Tahapary, kecuali hari Minggu atau libur. Vaksinasi yang digelar kemarin pada 17 Agustus dimulai dari pukul 08.00 WIT sampai pukul 12.30 WIT,” ungkapnya.

Baca Juga: BPJN Diingatkan Perhatikan Kesesuaian Jalan dan Trotoar

Pada kesempatan itu, Ohoirat mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Bagi mereka yang ingin divaksin, cukup datang membawa KTP, dalam keadaan sehat, tidak dalam keadaan hamil dan membawa alat tulis sendiri.

“Nanti sebelum disuntik vaksin masyarakat akan melalui beberapa tahapan, yakni verifikasi data, tensi, screening, penyuntikan vaksin, observasi dan pengambilan kartu vaksin,” urainya.

Meski sudah mengikuti vaksinasi, Ohoirat kembali mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitasnya. Seperti memakai masker dengan baik dan benar, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak aman, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (S-45)