7 Manfaat Hebat Kulit Jeruk

Jeruk dikenal kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh juga baik untuk kese­ha­tan kulit. Namun siapa sangka kandungan vitamin C pada jeruk yang dikonsumsi ha­nya sekitar 71 miligram. Sedangkan kan­dungan vitamin C tertinggi terletak pada kulitnya yakni sebesar 136 miligram.

  1. Baik untuk jantung

Jantung bisa memperoleh manfaat kulit jeruk. Kulit jeruk mengandung banyak flavonoid yang disebut hesperidin dan komponen antiinflamasi. Melansir Insight Care, sebuah survei menyebut bahwa diet dengan tambahan jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk menawarkan perlindu­ngan melawan penyakit kardiovaskular karena kandungan folat.

  1. Antikanker

Flavonoid pun bisa berfungsi sebagai antikanker. Flavonoid pada kulit jeruk bermanfaat untuk menghalangi kinerja protein RLIP76, protein yang berhubungan dengan obesitas dan kanker. Penelitian pada tikus membuktikan saat protein RLIP76 dihilangkan, tikus tidak menga­lami obesitas dan tidak terkena diabetes, kolesterol tinggi dan kanker.

  1. Menyehatkan paru-paru

Kandungan vitamin C yang kaya bisa membantu memecah dahak dan member­sihkan paru-paru. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit sehingga membantu perlindungan paru-paru dari infeksi. Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk mengatasi flu dan demam.

  1. Bantu turunkan berat badan

Sedang menjalankan program diet? Masukkan jeruk beserta kulitnya ke dalam menu harian Anda. Manfaat kulit jeruk bisa membantu menurunkan berat badan. Jeruk memiliki kalori rendah sehingga bisa dikonsumsi tanpa takut menaikkan berat badan.

  1. Menghancurkan batu ginjal

Manfaat kulit jeruk bisa untuk mem­bantu menghancurkan batu ginjal. Kulit jeruk mengandung komponen D-limonene kemudian komponen ini dipadukan dengan konsentrasi jus cranberry. Metode terbukti bisa melarutkan batu ginjal.

  1. Jadi toner

Kulit kusam dan tampak kurang berca­haya? Gunakan saja kulit jeruk sebagai toner. Ekstrak kulit jeruk yang dilarutkan bersama susu bisa digunakan sebagai toner. Campuran ini pun bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat atau noda hitam.

  1. Mengatur gula darah

Bagi penderita diabetes, konsumsi kulit jeruk bisa membantu mengatur kadar gula darah. Kulit jeruk mengandung pektin atau serat yang membantu mengatur gula darah. Studi menunjukkan terapi dengan ekstrak kulit jeruk bisa mencegah diabetes neuropati. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *